Dewa Ayu Ika Paramitha, Pengalaman Luar Biasa

TERJUN di dunia usaha merupakan kesempatan luar biasa yang dirasakan oleh wanita yang bernama Dewa Ayu Ika Paramitha. Pasalnya, melalui dunia usaha memberikannya banyak kesempatan berinteraksi dengan banyak orang, mulai usia muda hingga lanjut usia.

Wanita yang saat ini aktif mengembangkan usaha minyak VCO ini mengaku pada mula merintis usaha tersebut termotivasi saat melihat penelitian temannya mengenai minyak atsiri. “Waktu itu tahun 2013, yang saya sangat inginĀ  memproduksi minyak wangi atau minyak gosok. Pasarnya cukup ada,” ungkap wanita lulusan S2 Kimia Terapan ini.

Namun keterbatasan modal, untuk memproduksi minyak tersebut membutuhkan modal yang cukup besar, membuatnya mengurungkan niatnya yang kembali fokus bekerja di Laboratorium Fakultas Mipa Unud. Keinginanya terjun di dunia usaha kembali mendapat lampu hijau setelah melihat penelitian dan praktikum salah seorang mahasiswa yang membahas proses pembuatan VCO (virgin coconut oil).

“Setelah ditelusuri lebih lanjut banyak manfaat yang diberikan oleh VCO dan banyak pula masyarakat yang belum tahu manfaat dan dimana mendapatkannya. Demikian juga proses produksinya tidak terlalu sulit, yang membuat saya yakin untuk memulai bisnis ini,” ujar wanita yang saat ini juga sebagai dosen di Akademi Farmasi Saraswati Denpasar.

Tanggapan pasar pun cukup positif dirasakannya. Dari awal produksi sejak Mei lalu, produk VCO yang buatannya cukup banyak permintaan. Dia pun tambah semangat dalam profesinya merintis dunia usaha, dan berharap usaha yang dijalaninya kian berkembang untuk kedepan. (wid)