Gemarikan Dorong Terwujudnya Keanekaragaman Pangan

Denpasar (Bisnis Bali) – Untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan masyarakat terutama bagi anak-anak, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menggelar kegiatan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). Gerakan ini dilakukan melalui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah (PMTAS), di wantilan Sewaka Prema Desa Pakraman Renon, Kamis (25/10).

Ketua DWP Kota Denpasar, I.A Kerti Iswara menilai, Gemarikan  mempunyai peran yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat, utamanya bagi anak-anak. Hal ini lantaran ikan mengandung zat-zat  seperti protein, mineral, asam amino dan omega 3 yang sangat berguna bagi perkembangan otak serta kesehatan tubuh.

Melalui Gemarikan diharapkan dapat mendorong terwujudnya keanekaragaman pangan yang berbahan baku dari ikan sehingga berdampak pada kekuatan dan kecerdasan bangsa. Selain itu upaya yang paling efektif adalah dengan memberikan pemahaman secara dini kepada anak-anak betapa pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel tubuh utamanya pertumbuhan sel-sel otak.

“Khusus kepada anak-anak sekolah saya anjurkan agar lebih banyak mengkonsumsi ikan agar menjadi semakin pintar dan kuat sehingga dapat berprestasi dalam mengejar pendidikan,” tegasnya.

Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ir. AA Gede Bayu Brahmasta menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pemkot Denpasar. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini guyna membudidayakan gemar makaan ikan. Di mana, pola konsumsi ini lebih banyak menyasar ibu-ibu hamil untuk kesehatan janinnya serta anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dimana kita ketahui bersama bahwa dalam kandungan ikan terdapat protein dan omega 3 untuk perkembangan otak.

Sejauh ini pihaknya berharap kedepannya kita akan mempunyai generasi yang kuat, berkualitas dan cerdas dengan pola memakan ikan setiap harinya. Di Denpasar sendiri kini lebih banyak mengembangkan budidaya ikan dengan sistem organik yang mudah di pelihara pada setiap halaman rumah serta selalu mengedukasi masyarakat bagaimana melihat kualitas ikan yang layak dikonsumsi.

Selain itu, pihaknya juga sering mensosialisasikan di pasar-pasar bagimana memilih ikan yang segar serta betul-betul layak di konsumsi secara aman.

“Gemarikan ini dilaksanakan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Denpasar terutama anak-anak generasi penerus bangsa supaya sejak dini gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan,” kata Gung Bayu sembari mengatakan berbagai lomba mengolah ikan juga diselenggarakan.

Sementara Agus Nanda salah seorang peserta lomba mengolah ikan mengaku sangat gemar memakan ikan. “Ikan itu enak, empuk dan gurih rasanya. Dengan makan ikan kita akan pintar,” ujarnya. (sta)