Dany Hutama Aji, Konsumsi BBM Stabil

DANY Hutama Aji mengakui pemerintah melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi pada pertengahan Oktober seiring naiknya harga minyak dunia.

“Pascakenaikan harga BBM nonsubsidi tersebut, konsumsi BBM jenis pertamax cukup stabil di Bali atau tidak ada lonjakan signifikan pada BBM subsidi akibat peralihan konsumsi,” kata Sales Executive Ritel X Pertamina Pemasaran Bali.

Kendati harga pertamax saat ini lebih tinggi dari BBM subsidi, tidak sampai menimbulkan terjadi peralihan atau terjadi lonjakan permintaan untuk jenis premium maupun pertalite. Konsumsi pertamax tetap normal di Bali, begitupula pertalite dan premium. Konsumsi rata-rata pertamax series meliputi pertamax, pertalite, pertamina dex, dexlite dan pertamax turbo di Bali mencapai  2.500 kiloliter per hari.

“Dari jumlah itu, 40 persen konsumsi pertalite, 30 persen pertamax dan sisanya premium, solar, dexlite dan pertamina dex,” terangnya.

Tak terjadi peralihan pertamax ke BBM jenis lainnya, diakuinya, karena masyarakat sudah tahu kualitas BBM yang baik bagi kendaraan mereka. Selain itu, pertamax memiliki konsumen tertentu yang cukup loyal mengingat dengan kandungan oktan 92, memiliki kualitas bahan bakar yang bagus. BBM jenis itu juga lebih bersih dan memberikan kinerja yang bagus bagi kendaraan

“Oktan ini cocok untuk kendaraan keluaran terbaru yang banyak digunakan saat ini sehingga masyarakat tidak ada peralihan konsumsi BBM,” tegasnya. (dik)