Amlapura (Bisnis Bali) – Pascabencana Gunung Agung yang sempat mengguncang wilayah Karangasem dan membuat beberapa aktivitas terganggu, termasuk di LPD, tidak memberikan dampak buruk pada kepercayaan masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dengan terus meningkatnya jumlah dana pihak ketiga (DPK) di LPD, salah satunya terjadi di LPD Desa Pakraman Rendang yang tahun ini tumbuh hingga Rp10 miliar.

Kepala LPD Desa Pakraman Rendang, Karangasem, I Wayan Sedana Putra, saat ditemui, Rabu (24/10) kemarin, memaparkan, perolehan DPK akhir tahun 2017 secara total mencapai Rp49 miliar yang terdiri dari Rp26 miliar berupa tabungan dan Rp23 miliar berupa deposito. Sedangkan hingga September 2018 perolehan DPK telah mencapai Rp59 miliar yang terdiri dari Rp28 miliar berupa tabungan dan Rp31 miliar berupa deposito. “Ini dikarenakan kepercayaan karma (masyarakat adat) makin meningkat, meski dalam situasi ekonomi yang sempat terpuruk karena bencana Gunung Agung,” ujarnya.

Demikian juga dikatakannya, atas kepercayaan masyarakat terhadap LPD, perolehan laba telah mencapai Rp2,07 miliar tercatat hingga September 2018. Angka tersebut pun menunjukan pencapaian yang sangat baik dari target hingga akhir tahun nanti Rp2,2 miliar. Dijelaskannya, akhir 2017 laba yang mampu dicapai LPD Rendang hanya Rp1,6 miliar.

Disinggung soal aset, Putra mengatakan, aset yang dimiliki LPD Desa Pakraman Rendang hingga September 2018 yaitu Rp66,7 miliar. Sedangkan catatan akhir Desember 2017, aset LPD Rendang hanya Rp55 miliar.

Peningkatan aset dan pencapaian laba yang optimal, tentunya akan memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat. Dikarenakan 20 persen dari laba LPD akan diserahkan kepada masyarakat, termasuk juga 5 persen dari laba yang diperuntukan sebagai dana sosial juga dikelola untuk masyarakat. Dengan demikian, Putra berharap, antusiasme masyarakat kian meningkat kepada LPD serta mendukung pengembangan LPD.

Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kepercayaan masyarakat, saat ini LPD Desa Pakraman Rendang pun telah menggunakan teknologi berbasis digital, mulai dari sms collect, core LPD serta LPD mobile. Disamping itu untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, selain turut memfasilitasi kegiatan masyarakat, LPD Desa Pakraman Rendang juga akan megelar undian berhadian akhir tahun 2018 dengan menyiapkan doorprize berupa 2 unit sepeda motor dan beberapa hadiah menarik lainnya. (wid)