PORSENIDES - Porsenides ke- 17 Desa Batuan, Sukawati, dibuka secara resmi oleh Bupati Gianyar, didampingi Wakil Bupati Gianyar.

Gianyar (Bisnis Bali) – Pelepasan 17 burung merpati dan pemukulan gong menandai dibukanya Porsenides ke-17 Desa Batuan, Sukawati, di Lapangan Umum Yudistira, Jumat (19/10) sore. Porsenides ke- 17 Desa Batuan, Sukawati, dibuka secara resmi oleh Bupati Gianyar, Made Mahayastra didampingi Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun.

Perbekel Batuan I Nyoman Netra terlihat gembira hajatan tahunan tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Gianyar. “Saya mewakili masyarakat Desa Batuan sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati dan Wakil Bupati Gianyar yang menyempatkan hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Batuan untuk membuka bersama-sama acara Porsenides Batuan ke -17 ini” tegas Nyoman Netra.

Sementara itu, Ketua Panitia I Komang Susana menjelaskan tujuan utama yang terkandung dalam kegiatan Porsenides ini merupakan sarana dalam upaya mengembangkan aktivitas olahraga dan seni. “Diharapkan dengan adanya Porsenides ini  dapat menumbuhkan bibit-bibit yang berkualitas mulai dari usia dini,” terang Komang Susana.

Porsenides ke- 17 bertema “Seraya Kanthi Nyujur Batuan Jagadhita” yang berarti, melalui Porseni ke- 17 kita pererat persaudaraan menuju Batuan yang damai. Perhelatan tersebut berlangsung hingga 28 Oktober 2018. Berbagai kegiatan olahraga dan seni dilaksanakan melibatkan 17 banjar dinas yang ada di Desa Batuan.

Cabang olahraga yang dipertandingkan diantaranya futsal, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, lari, catur, tarik tambang putra/putri, senam PKK, jalan santai. Untuk cabang seni diantaranya membuat gebogan, merangkai penjor, jegeg bagus Batuan, melukis Gaya Batuan, membuat lawar tingkat STT.

Untuk usia dini ada lomba lagu anak-anak, menyalin huruf latin ke aksara Bali, tari Margapati dan cerdas cermat serta dari tingkat umum lomba kebersihan antar banjar. Acara pembukaan kali ini dimeriahkan dengan atraksi dari perkumpulan yoga tertawa Ambar Ashram, demonstrasi karate-do Goju Kai Banjar Dlodtunon, senam PKK, dan pergelaran Pragmentari Kolosal oleh Sekaa Teruna Desa Batuan.

Bupati Gianyar Made Mahyastra pada kesempatan tersebut berharap semua peserta dalam Porsenides ini selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding dan berlomba sehingga tujuan akhir dari pelaksanaan kegiatan Porsenides dapat semakin mempererat dan menjaga kekompakan diantara semua komponen masyarakat di Desa Batuan.

“Pemkab Gianyar, mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga potensi, khususnya seni budaya dan Pemkab Gianyar akan senantiasa menyediakan ruang dan memfasilitasi seluruh kegiatan yang diarahkan pada pengembangan seni budaya serta olahraga di Kabupaten Gianyar,”  terangnya. (kup)