Denpasar (Bisnis Bali) – Berbagai pilihan treatment dalam indusri spa di Bali yang mendukung pariwisata kian berkembang. Seperti shirodhara spa, asal India yang memberi ketertarikan bagi pecinta Spa di Bali.

Salah satu pusat spa di Bali, yang menyediakan spa shirodhara ini adalah Smita Spa, yang berlokasi di Sanur, Denpasar. Spa Manager Smita Spa, IGA Made Wulansari, mengatakan, jenis treatment ini merupakan salah satu jenis metode penyembuhan dalam kitab Ayurweda. Treatment jenis ini lebih menekankan pada treatmen di wilayah kepala.

“Secara harfiah Shirodhara berasal dari kata Shiro yang artinya kepala dan Dhara yang artinya aliran. Jadi shirodhara dapat diartikan sebagai teknik meminjat dengan menggunakan aliran air atau minyak di kepala,” jelasnya.

Shirodhara Spa yang disediakan di Smita Spa ini menjadi salah satu jenis treatment favorit, khususnya bagi wisatawan asing yang datang ke Smita Spa. Dengan melakukan Shirodhara Spa, secara langsung bisa memberikan dampak besar pada sistem saraf. Selain itu, Shirodhara bisa membantu meringankan gejala kegelisahan, stres, dan kelelahan.

Untuk prosesnya, Shirodhara dilakukan sesuai pakem aslinya, setelah dipijat pada bagian kepala pasien akan dituangkan minyak hangat yang sudah dicampur dengan rempah-rempah menggunakan cawan Shirodhara, mulai di tuangkan dari kening tepat diantara kedua alis mata, selanjutnya aliran minyak hangat akan dibawa ke bagian belakang kepala, berlanjut hingga ke kepala bagian samping.

Ketika proses menuangkan minyak hanyat ini, bagian leher dan tangan si pasien akan dipijat lembut dengan menggunakan minyak kelapa murni. “Selama proses penuangan minyak hangat ini, akan terjadi relaksasi maksimal, sehingga setelah seluruh proses selesai dilakukan, si pasien akan langsung merasakan dampaknya, yakni efek relaksasi yang maksimal,” ungkapnya.

Shirodhara juga dikombinasikan dengan teknik Balinese Spa, sehingga selain mendapatkan efek relaksasi di kepala, efek relaksasi juga akan didapat di tubuh si pasien. (wid)