Kepala LPD Desa Pakraman Denpasar, I Made Sumantra SH. MHum (kanan) menyerahkan dana duka kepada keluarga almarhum I Made Gatra.

Denpasar (Bisnis Bali) – Untuk kesekian kalinya LPD Desa Pakraman Denpasar menyerahkan santunan dana duka kepada keluarga yang mengalami kedukaan. Kali ini santunan diberikan kepada keluarga almarhum I Made Gatra, mantan Kelian Banjar Adat Kesumajati.

Kepala LPD Desa Pakraman Denpasar, I Made Sumantra SH. MHum mengatakan, dana santunan diserahkan langsung di rumah duka di Banjar Kesumajati, Perbekel Pemecutan Kaja, Denpasar Barat pada kamis (18/10) sore. Adapun nilai santunan yang diberikan sebesar Rp1 juta.

Pemberian santunan meninggal mulai dilakukan sejak 2015 lalu, di mana LPD Desa Pakraman Denpasar sempat vakum dan mulai bangkit dari 2011 silam. Santunan ini sebagai salah satu manfaat yang diberikan kepada masyarakat khususnya Kelian Banjar se-Desa Pakraman Denpasar atas perkembangan LPD Denpasar yang sudah terjadi saat ini, jelasnya sembari mengatakan saat ini aset LPD Desa Pakraman Denpasar sudah mencapai Rp11 miliar.

Di samping itu, diakuinya, santunan juga untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Sebelumnya pihaknya tetap melakukan partisipasi dengan mengirim karangan bunga pada nasabah yang meninggal.

Selain itu, sejak tahun 2017 partisipasi LPD terhadap kegiatan di Pura SadKahyangan Tiga khususnya Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem, juga dilakukan dengan memberikan bantuan dana punia sebesar Rp2 juta setiap pelaksanaan piodalan.

“Ke depannya kami juga akan merancang program beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan kurang mampu. Kami ingin membangun kepercayaan masyarakat kembali serta menunjukan kepada masyarakat jika LPD ini sudah ada,” katanya.

Tanggapan masyarakatpun positif atas apa yang telah diberikan LPD. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan terhadap dana yang masuk ke LPD. “Kepercayaan masyarakat sudah makin tinggi kepada LPD, yang membuat LPD pun terus menunjukan perkembangan,” ujarnya. (wid)