ANTI NARKOBA - Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun saat membuka acara Gema Desantara Kamis, (18/10) di Wantilan Pura Desa Cangi, Desa Batuan Kaler.

Gianyar (Bisnis Bali) – Generasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) menggelar pelatihan kader pemuda anti narkoba (Kipan) Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, Kamis, (18/10) di Wantilan Pura Desa Cangi, Desa Batuan Kaler.

Agung Mayun mengatakan, narkoba sangat bermanfaat dan diperlukan di bidang kesehatan, namun penyalahgunaannya dapat menimbulkan ketergantungan. “Sekali lagi saya tekankan bahwa berguna dan bermanfaat bagi bidang kesehatan jika dipergunakan sesuai dosis, pengawasan, dan pengendalian yang tepat,” ucap Agung Mayun.

Ia berharap pelatihan kader anti narkoba dapat dilaksanakan secara berlanjut di seluruh wilayah Provinsi Bali khususnya Kabupaten Gianyar, sehingga mampu menekan penyalahgunaan narkoba atau narkotika di Kabupaten Gianyar. Agung Mayun juga berpesan kepada para peserta agar dapat mempergunakan pelatihan ini sebaik-baiknya, serta menyampaikan kendala dan keluhan selama ini.

Ketua panitia pelaksana, I Wayan Rico Wiradana menjelaskan tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan pemuda tentang bahaya narkoba, penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba.

Koordinator Gema Desantara Provinsi Bali NLG. Vivin Sania Dewi dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan secara nasional.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua secara nasional, dimana yang pertama telah terlaksana di Aceh, yang kedua di Bali dan yang ketiga di DKI Jakarta,” ucap Vivin.

Di Kabupaten Gianyar pelatihan Kipan dilaksanakan di tiga tempat yaitu di Desa Batuan Kaler, Desa Tegalalang dan Balai Budaya Gianyar. Dilanjutkannya di Provinsi Bali Gema Desantara akan memberikan pelatihan di lima kabupaten yaitu Kabupaten Gianyar, Klungkung, Denpasar, Badung, dan Tabananan. Vivin juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi para peserta dan seluruh masyarakat yang mendukung kegiatan ini. (kup)