Udang Bakar Sambel Mercon, Pas untuk Pencinta Pedas

Denpasar (Bisnis Bali) – Pencinta kuliner dengan rasa pedas pastinya ingin sekali mencoba masakan yang sambalnya dominan rasa pedas. Membuat sendiri menu dengan sambal pedas pastinya sangat memungkinkan sekali. Seperti yang diungkapkan salah seorang pemilik chatering di Denpasar, Dina Arianti.

“Sebenarnya akan lebih baik kalau bereksperimen sendiri, karena bisa lebih kreatif dalam membuat menu, daripada hanya membeli saja,” ungkap Dina Arianti. Mantan chef hotel di kawasan Nusa Dua ini mengatakan, untuk bisa menikmati kuliner yang didominasi rasa pedas, yang tren saat ini adalah ayam geprek, olahan mie setan dengan level pedas yang bisa dipesan, bakso yang dilengkapi potongan cabe dalam baksonya. Namun dengan kreativitas kita kuga bisa membuat menu rumahan dengan sambel pedas sesuai keinginan kita.

“Kita bisa coba menu udang bakar sambal mercon. Membuatnya sangat gampang, yakni udang dipilih yang berukuran sedang hingga besar, hal ini bertujuan agar saat proses grill udang tidak gosong, udang dibersihkan kulitnya lalu dibakar dan diolesi saos,” terang Dina Arianti.

Sementara untuk sambel merconnya bisa menggunakan cabe lombok, cabe kecil sesuaikan jumlahnya, bawang merah, bawang putih, terasi dibakar dan tomat. Semua diulek lalu digoreng sebentar, bisa ditambahkan sedikit garam, gula, kecap, dan perasan jeruk limau.

Menu ini bisa dinikmati dengan nasi hangat dan tambahan asinan sayur atau acar mentimun agar segar saat menyantapnya. Dina menambahkan dengan membut sendiri pasti akan lebih bersih, lebih murah danĀ  bisa disesuaikan dengan selera kita masing masing. (ita)