Spirit Kewirausahaan Generasi Muda Bali mesti Ditingkatkan

Denpasar (Bisnis Bali) – Menghadapi persaingan global, generasi muda Bali dituntut inovatif dan memiliki spirit kewirausahaan yang tinggi agar tak jadi penonton di daerah sendiri. Demikian pengurus Kadin Denpasar, Kusuma Wijaya, Kamis (18/10).

Menurutnya, Bali kaya potensi ekonomi baik yang bersumber dari kekayaan alam, maupun potensi  ekonomi lainnya  yang tak kalah bisa digarap guna meningkatkan perekonomian. Sektor basis perekonomian pariwisata telah memberi imbas positif tumbuhnya bisnis kuliner, fashion, dan produk jasa lainnya.

Di sinilah pentingnya memupuk spirit kewirausahaan itu di kalangan generasi muda dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, permodalan, dan promosi. Dengan dukungan semua pihak hal ini diyakininya bisa  terwujud. Kewirausahaan yang meningkat akan memunculkan inovasi produk, penyerapan tenaga kerja, dan lapangan kerja terbuka.

Sebelumnya, salah seorang entrepreneur  muda Bali, Gede Semadi Putra, yang juga Direktur PT. Skiland Development menuturkan tentang wirausaha. Menurutnya fenomena baru terjadi pada kehidupan modern belakangan ini, khususnya di dunia enterpreneurship. Banyak orang bercita-cita menjadi seorang pengusaha.

“Saya juga yakin profesi dokter, wartawan, memiliki jiwa pengusaha, termasuk juga profesi lainnya seperti notaris, pengacara, dsb. Kenapa? Karena profesi seperti ini akan selalu berpikir untuk menambah taraf hidupnya baik dari hasil kerja maupun investasi, tanpa jiwa pengusaha (mental enterpreneurship) maka kehidupan mereka akan segitu-segitu saja,” imbuhnya.

Pemilik bisnis adalah orang-orang yang berani bertindak nekat, penuh inovasi, selalu belajar tanpa henti dari pengalaman, buku. Bahkan sangat mungkin sekali ketika pemilik bisnis ini baru saja mulai mendirikan bisnisnya tidak sama sekali mengambil gaji dari usaha yang baru dibentuknya tersebut.

Mereka adalah orang-orang yang mencurahkan seluruh jiwa dan raganya untuk menghidupkan, menjalankan bisnis tersebut, mempertahankan dan mengembangkan bisnis tersebut. Menjadi pemilik bisnis ini diperlukan dedikasi total ditambah jiwa enterpreneur yang tinggi.

Dengan menguatkan spirit kewirausahaan berbasis potensi lokal dia juga yakin banyak pengalaman dan manfaat yang akan bisa diraih generasi muda  karena produk khas Bali sejauh ini apapun itu cukup direspon positif pasar luar maupun asing. (gun)