Karangasem (Bisnis Bali) – Berbicara mengenai lukisan dinding kini ada satu lukisan yang mulai familiar digunakan masyarakat yang ingin tampilan rumahnya lebih mewah tanpa harus mengeluarkan biaya.

Seperti halnya batu palimanan, bagi kalangan menengah ke atas tren menjadikannya sebagai hiasan di tembok rumah atau bangunan. Namun bagi mereka yang tak memiliki buget lebih untuk menggunakan batu palimanan, kini sejumlah desainer property menawarkan jasa lukis tembok yang menyerupai batu palimanan, mozaik hingga lukisan 3D.

Bagi sebagian orang mungkinĀ  masih awam dengan lukisan menyerupai batu palimanan atau tiga dimensi ini. Namun tampak dari jauh lukisan ini menyerupai tembok dengan batu palimanan yang sebenarnya.

Seperti di Banjar Ipah Desa Sangkan Gunung Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem. Tren lukis tembok ala batu palimanan kian diminati. Bahkan tidak sedikit yang menginginkan rumahnya menjadi terlihat lebih elegant dengan warna dan serat – serat khas palimanan.

Oleh Wayan Seken salah satu seniman sekaligus pelukis ini, mengatakan tidak mudah untuk bisa membuat lukisan itu menyerupai batu palimanan, diperlukan imajinasi dan inovasi yang tinggi.

Meski demikian, tarif yang dipasang untuk jasa lukis ala batu palimanan atau mozaik tidaklah tinggi. Mulai Rp70.000 per meter menyesuaikan motif yang diinginkan.

Pria yang akrab disapa Kobar ini mengatakan, tak ada yang khusus dari penggunaan cat. Dimana cat yang digunakan adalah cat mix atau campuran agar mampu menghasilkan warna mirip batu palimanan atau warna lainnya. “Di sini kita mainnya seni, kita gunakan cat tembok seperti pada umumnya sejauh ini banyak yang suka,”terangnya. (ira)