Karangasem (Bisnis Bali) – Layanan pembayaran pajak kendaraan secara online (e-samsat)  di LPD Desa Pakraman Sogra,  Selat, Karangasem, berjalan optimal.  Sejak dilaunching 2 bulan lalu, tercatat penggunaan layanan pembayaran samsat yang memanfaatkan teknologi informasi sudah mencapai 200 lebih transaksi.

Kepala LPD Desa Pakraman Sogra, I Wayan Putra saat ditemui,  Kamis (18/10) ini mengatakan, layanan e-samsat di LPD Sogra disambut antusias masyarakat. Selain pembayaran samsat kendaraan,  layanan yang memanfaatkan teknologi digital ini juga difungsikan untuk melakukan pembayaran pajak.

Menurutnya, banyak keuntungan yang didapat oleh masyarakat dengan hadirnya layanan pembayaran berbasis online ini di LPD Sogra. Selain memberi kemudahan (jangkauan dekat) dalam hal pembayaran, layanan e-samsat LPD Sogra juga cepat. “Masyarakat tidak perlu antre untuk melakukan pembayaran,”ungkapnya.

Di samping itu,  layanan yang hadir ke pelosok desa ini juga turut membantu program  pemerintah dalam hal mensukseskan wajib pajak. Dikatakannya,  jarak Desa Pakraman Sogra dengan pusat pemerintahan kabupaten sekitar 35 kilometer,  sehingga layanan e-samsat ini menjadi sangat penting hadir di LPD Desa Pakraman Sogra.  “Kita sembari mensosialisasikan program pemerintah serta mengedukasi masyarakat dalam menggunakan layanan transaksi online,” ujarnya.

Untuk meningkatkan transaksi,  hingga saat ini pihaknya pun terus melakukan sosialisasi terkait pembayaran e-samsat. Sosialisasi dilakukan dengan cara langsung oleh kolektor LPD, pemberitaan melalui media sosial hingga kerjasama dengan prajuru desa adat.

Perlu diketahui,  program e-samsat LPD Desa Pakraman Sogra bekerjasama dengan Bank BPD dengan sistem sama seperti pembayaran pajak kendaraan di BPD dan bank umum lainnya. Nasabah akan datang ke LPD melakukan transaksi online atau melalui transfer, yang  LPD Sogra sendiri sudah menggunakan program digital. Setelah itu, masyarakat bisa melakukan pengesahan ke kantor pajak.  (wid)