Pemotongan tumpeng oleh Kepala LPD Desa Adat Canggu,  I Nyoman Siana,  dalam perayaan HUT ke-27 Jumat (12/10) malam di kantor LPD setempat.

Mangupura (Bisnis Bali) – Perayaan HUT ke-27 LPD Desa Adat Canggu, Kuta Utara, Badung yang dirangkaikan dengan gebyar undian berhadiah berlangsung pada Jumat (12/10) malam di kantor LPD setempat. Dalam perayaan HUT tersebut juga dibarengi dengan pelaporan kinerja 2018 dengan kepemilikan aset mencapai Rp235 miliar.

Kepala LPD Desa Adat Canggu,  I Nyoman Siana, mengatakan, perkembangan LPD Desa adat Canggu sangat baik, meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya meski di tengah lesunya perekonomian secara global saat ini.  “Hingga September 2018,  LPD Desa Adat Canggu berhasil membukukan laba sebesar Rp5,5 miliar,” ungkapnya optimis jumlah laba akan lebih meningkat hingga akhir tahun nanti.

Dilihat dari dana pihak ketiga (DPK),  per September 2018 jumlah tabungan telah mencapai Rp144 miliar dan deposito Rp57 miliar. Sementara kredit yang mampu disalurkan mencapai Rp101 miliar. Untuk jumlah nasabah,  tabungan mencapai 7.487 nasabah, kredit 441 nasabah dan deposito mencapi 1009 nasabah. Berdasarkan pendapatan (laba)  tahun 2017, LPD Desa Adat Canggu berhasil menyerahkan Rp1,3 miliar kepada desa adat sebagai dana pembangunan.

LPD Desa Adat Canggu juga telah menggunakan transaksi yang memanfaatkan media digital,  mulai dari sms LPD hingga LPD mobile.  Penggunaan teknologi digital menjadi sebuah keharusan saat ini. “Jika tidak kita akan ketinggalan,” tegasnya.

Bendesa Adat Canggu, I Nyoman Sujapa,  mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja LPD yang hingga saat ini LPD Canggu tergolong LPD Sehat. Peran serta masyarakat kepada LPD Desa Adat Canggu sangat besar yang mendukung pengembangan LPD.

Kontribusi LPD kepada desa adat diakui sangat luar biasa, dengan 20 persen yang disisihkan sangat membantu kegiatan masyarakat. “Itu sangat mengurangi beban masyarakat, baik dalam melaksanakan piodalan hingga kegiatan lainnya, seperti ngaben masal yang berlangsung 5 tahun sekali,” ungkapnya.  Dia berharap LPD ini tetap ajeg, berkembang dan mendapat perhatian lebih dari masyarakat serta kemanfaatannya akan lebih besar untuk kedepan.

Pada perayaan HUT tersebut turut dihadiri unsur pemerintah Camat Kuta Utara, Ketua Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Kabupaten Badung, Kepala LPD se-Kuta Utara, perbekel, bendesa, tokoh masyarakat dan ratusan nasabah LPD Desa Adat Canggu. Dalam kesempatan ini, LPD Desa adat Canggu juga menyerahkan beasiswa kepada 10 anak-anak SD berprestasi dengan total Rp3,5 juta. Para nasabah pun mendapat apresiasi berupa hadiah nominasi untuk tabungan deposito dan kredit. Total hadiah dan doorprise yang diundi mencapai Rp175 juta dengan hadiah utama 3 sepeda motor, 4 sepeda gayung dan puluhan barang barang elektronik. (wid)