Udang Asam Manis, jadi Pilihan selain Tempura

Bangli (Bisnis Bali) – Berbagai kegiatan penting tentu harus dilengkapi hidangan yang pas dan mampu memanjakan lidah undangan. Udang asam manis bisa jadi salah satu menu pelengkap dalam deretan menu lainnya. Kelebihan dari jenis sea food satu ini tidak amis dan membuatnya gampang dan cepat.

“Dari begitu banyak menu, untuk jenis sea food kebanyakan orang memang memilih udang, dan bumbu yang dipilih selain goreng tempura adalah asam manis,” ungkap Agung Arwati, salah seorang pemilih cathering di Bangli.

“Udang asam manis ini tampilannya, mewah dan pastinya semua usia bisa menikmati. Seperti namanya saos yang digunakan rasanya asam dan manis, jadi ga ada rasa pedas sehingga anak anak juga bisa menikmati,” imbuhnya.

Dibandingkan jenis ikan lainnya, atau proses memasak udang asam manis ini sangat mudah. Pada dasarnya udang memiliki daging manis dan gurih, proses pematangannya juga tidak lama ditandai berubahnya warna kulit udang menjadi merah cerah.

“Kalau kelamaan masak justru mengurangi rasa udang itu, tekstur bagian luar juga akan menjadi keras sehingga merubah tampilan yang harusnya cerah menjadi kurang cantik,” jelas pemilik Pradnya Cathering ini.

Sebagai bahan pelengkap saus asam manis bisa ditambah dengan irisan paprika, daun bawang hingga potongan buah nanas, yang dijamin membuat tampilan juga cantik. (ita)