Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Kanvas

Denpasar (Bisnis Bali) – Setiap orang memiliki minat tersendiri terhadap jenis pakaian (fashion) yang digunakan, baik itu baju, celana atau rok, sandal maupun sepatu. Sebagian orang justru mengikuti tren yang sedang berkembang demi memenuhi keinginan. Khusus sepatu sebagai pelengkap fashion, tentu ada banyak jenis, model, warna dan bahan yang bisa dipilih sesuai selera. Salah satu yang banyak digemari adalah sepatu berbahan kanvas.

Sepatu berbahan kanvas disukai oleh banyak kalangan terutama anak-anak muda, baik pria maupun wanita. Pemilik Distro White Eagle di Denpasar, Bayu mengatakan, sepatu jenis casual ini tak pernah kehilangan pasar, meski ada pesaing sepatu jenis lainnya.

Sepatu kanvas dibuat dari bahan kain yang memiliki serat besar maupun serat kecil. Misalnya, kain kanvas WP, kain kanvas SR-10 dan kain kanvas terpal.

“Pada umumnya sepatu jenis ini memiliki sirkulasi udara yang baik, terbuat dari bahan kain yang ringan dan berpori banyak sehingga sangat nyaman di kaki,” ujar Bayu.

Sepatu kanvas tersedia dalam banyak varian warna, antara lain hitam, putih, merah, hijau, navy, esspreso, dan masih banyak lagi. Sepatu kanvas dapat dipakai dalam berbagai kesempatan, baik itu casual, semi formal, hingga kegiatan formal sekalipun.

“Sepatu kanvas mudah dipadupadankan dengan item fashion lainnya, seperti celana pendek, celana jeans, celana chinos, hingga celana kain untuk pelengkap gaya yang lebih formal,” katanya.

Dibalik keunggulannya tersebut, sepatu kanvas juga memiliki kelemahan. Warnanya mudah pudar terutama jika sepatu ini sering digunakan di bawah sinar matahari secara langsung. Mudah lembab karena bahannya mudah menyerap air.

“Jika kaki kita basah atau sepatu terkena air hujan maka mudah lembab, bahkan bisa berbau jika tidak segera dikeringkan. Selain itu, bagian alasnya cenderung tidak tahan lama dibandingkan jenis sepatu olahraga lainnya,” imbuh Bayu sembari menyebutkan harga sepatu kanvas dimulai Rp150 ribu.

Tiap produk apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan sepatu kanvas maka kita akan tahu bagaimana cara merawatnya agar tahan lama. (dar)