Batu Akik bisa Laku Mahal

Tabanan ( Bisnis Bali) – Bisnis batu akik yang sempat menjamur dan ramai pada 2015 silam, saat ini bukan berarti tak ada lagi. Bisnis ini tetap menggeliat karena konsumennya bukan saja masyarakat umum tapi kalangan kolektor yang fanatik terhadap produk seni meski harga jualnya bisa sangat mahal. Demikian antara lain diungkapkan Owner Sinar Mulia, yang juga menyediakan berbagai jenis batu akik, Haryanto, Minggu (29/7).

Batu akik atau perhiasan yang menggunakan mata batu akik cenderung diminati konsumen untuk koleksi. Khususnya di kalangan konsumen laki – laki yang umumnya memilih akik dalam wujud perhiasan cincin, liontin kalung, dan lainnya. Batu akik yang unik corak atau motifnya tak sekadar menarik dipandang.

Namun ada kepercayaan berkembang di masyarakat jenis batu akik tertentu memiliki manfaat kebaikan tertentu. Misal akik rambut sedana dipercaya baik untuk meraih rezeki, akik kecubung untuk pengobatan, dan jenis lainnya banyak lagi.

Akik diproses ahlinya hingga siap digunakan perlu keahlian khusus. Demikian bahan bakunya batu akik lebih banyak bisa diperoleh di luar Bali. Oleh orang pintar perhiasan batu  akik makin bertuah dengan cara diritualkan atau dimantra – mantra. Ini percaya atau tidak namun bukti – bukti nyata memang ada. Contoh kalangan pendekar silat di Banten menggunakan akik tertentu agar bisa mengalahkan musuh – musuh yang tiba – tiba menyerang.

Menurutnya nilai sebuah batu akik juga ditentukan orang yang memilikinya. Namun demikian di pasaran sebuah batu akik sudah bisa diperoleh mulai Rp200.000 – di atas Rp1 juta. Karena itu pebisnis batu akik harus pintar – pintar membidik pasar. Kalau tepat maka potensi keuntungannya menjanjikan.

Hal senada disampaikan, Bagus Sudiarta. Katanya koleksi batu akik jadi kebanggaan tersendiri. Dia lebih melihat dari sisi seni corak dan motifnya sebagai karya intelektual seorang pemotif. Dengan terus berinovasi dia yakin makin banyak peminat batu akik yang nantinya bisa mengangkat harga jualnya di pasaran.

Perhiasan dengan batu akik kini mendominasi di pasaran. Selain harganya relatif terjangkau, dikombinasi dengan cangkang emas atau perak penampilannya sungguh memikat. Ini bisnis kearifan lokal yang bisa dikembangkan guna meningkatkan perekonomian. (gun)