Dishub Klungkung Adakan Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan 

Semarapura (Bisnis Bali) –Pengemudi memegang tanggung jawab dan peranan yang penting dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (lalin). Upaya pembinaan terhadap awak kendaraan, khususnya awak kendaraan umum sangat relevan dalam rangka peningkatan kualitas dan kinerja sehingga angka kecelakaan lalin dapat ditekan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung menyelenggarakan pembinaan dan pemilihan Abdi Yasa Teladan/Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) tingkat Kabupaten Klungkung 2018 yang dibuka oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan, transportasi mempunyai peranan sangat penting dan strategis. Untuk itu, para awak kendaraan umum diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guna meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat, memperoleh pengakuan profesi dan perannya di bidang transportasi dari seluruh elemen masyarakat, mendorong operator angkutan umum agar senantiasa mempersiapkan awak kendaraan umum yang berkualitas, berdisiplin, bertanggung jawab dan memiliki wawasan yang luas, serta menumbuh kembangkan citra yang baik bagi awak kendaraan umum terkait etika profesinya. “Jadikan lomba ini sebagai ajang untuk memberikan motivasi menjadi pengendara dan pelayan yang baik,” ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menambahkan, pemilihan AKUT ini juga memiliki manfaat positif yang dapat mengubah sikap dan perilaku pengemudi baik dari segi cara berpakaian, berbicara dan perperilaku menjadi lebih disiplin dan beranggung jawab dalam rangka menciptakan transportasi yang baik di Kabupaten Klungkung. “Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan meningkatkan pelayanan jasa terhadap masyarakat,” harapnya.  (dar)