UMKM Tumbuh, Akses ke BPR Meningkat

Mangupura (Bisnis Bali) –Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bali diharapkan terus tumbuh, sehingga akses keuangan ke bank perkreditan rakyat (BPR) akan makin meningkat. Demikian diungkapkan Ketua Yayasan Perbarindo Bali, Nyoman Sunarta, Jumat (29/6).

Ia mengatakan, adanya kepimpinan baru di Bali diharapkan bisa memberikan perubahan di bidang ekonomi. Sektor ekonomi Bali bisa makin tumbuh dan berkembang.

Sunarta menjelaskan, sektor penunjang perekonomian akan didorong untuk tumbuh. Hal ini secara otomatis sektor UMKM akan maju.

Dipaparkannya, ketika UMKM maju, maka akses keuangan sektor usaha ke BPR juga akan meningkat, baik menempatkan dana pihak ketiga (DPK) atau meminjam kredit untuk penambahan permodalan. “Ini ibarat seperti roda berputar dan saling melengkapi antara UMKM dan BPR,” katanya.

Ia menegaskan, pemimpin baru akan memberikan suasana baru. Suasana baru ini akan membuat sektor UMKM makin bergairah.

Menurut Sunarta, semua sektor akan berdampak positif. Hal ini dikarenakan, pemerintah dan sektor usaha secara bersama menumbuhkan perekonomian Bali. Adanya pemimpin baru, kepercayaan dunia usaha dan investor kepada Bali akan makin meningkat. Pelaku usaha dan investor akan berlomba-lomba menginvestasi modalnya untuk pembangunan Bali. Peran BPR juga akan makin meningkat sejalan peningkatan pertumbuhan ekonomi Bali. (kup)