Dukung Karya di Pura Dalem Srijati, Sibanggede Wabup Badung Ketut Suiasa Serahkan BKK Rp 2 Miliar

istBKK - Wabup Suiasa menyerahkan dana BKK secara simbolis Rp 2 miliar di Pura Dalem Srijati, Rabu (20/6)  kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Serangkaian telah rampungnya perbaikan pelinggih dan bangunan di Pura Dalem Srijati, Desa Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, krama pengempon pura melaksanakan karya melaspas, mendem pedagingan, rsi gana, piodalan pedudusan agung, menawa ratna, medasar caru tabuh gentuh di Pura Dalem Srijati. Puncaknya pada Buda Kliwon Pahang, 4 Juli 2018 mendatang. Rangkaian karya ini, Rabu (20/6) kemarin dilaksanakan upacara melaspas pretima dan makta bagia. Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Wiradana. Pada kesempatan itu, Wabup Suiasa menyerahkan bantuan keuangan khusus (BKK) secara simbolis Rp 2 miliar.
Wabup Suiasa mengatakan, pelaksanaan pembangunan dan karya ini sudah menjadi swadarma krama dalam meningkatkan rasa sradha bakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Kehadiran Wabup Suiasa selaku pemerintah pada karya ini, sebagai wujud ikut ngrastitiang agar karya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan bersama. Untuk itu, Suiasa mengharapkan dalam pelaksanaan yadnya ini harus didasari oleh pikiran, perkataan maupun perbuatan yang baik. Dengan dasar ini sudah tentu akan terciptanya rasa sagilik, saguluk, salunglung sabayantaka serta rasa kebersamaan dan manyama braya.
Prawartaka Karya, Putu Suartika menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati. Ini membuktikan pemerintah memberikan perhatian kepada krama Desa Adat Sibanggede. Karya ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan rasa sradha bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sekaligus melaksanaan konsep ajaran agama Hindu yakni Tri Hita Karana serta melestarikan seni, adat dan budaya sebagai warisan leluhur. Karya ini telah dimulai sejak 31 Maret 2018 dengan upacara matur piuning. Pada 20 Juni ini dilaksanakan upacara melaspas pretima dan makta bagia, dilanjutkan melaspas lan mendem pedagingan rsi gana pada 24 Juni. Tawur tabuh gentuh lan pedanan pada 30 Juni, sementara puncak karya pada 4 Juli mendatang dengan rangkaian upacara piodalan di Pura Prajapati, piodalan di Taman Magendra, piodalan di Pura Pempatan dan Piodalan Pedudusan Agung di Pura Dalem Srijati serta upacara mepasaran dan peselang.

Pura Dalem Srijati merupakan salah satu pura kahyangan tiga yang diempon 543 KK atau 1.000 jiwa menyebar di enam banjar yaitu  Br. Srijati, Br. Tagtag, Br. Senggu, Br. Pekandelan, Br. Pane, Br. Badung, dan peletan dari Br. Cabe, Darmasaba. Pembangunan pura ini dibiayai dari APBDes Sibanggede Rp 4 M lebih dan pembangunan wantilan dari dana hibah Pemkab Badung Rp 2 M. Karya diperkirakan menghabiskan biaya Rp2,7 M. (ad 0.687)