Sate Lilit Khas Bali tetap Primadona Pelanggannya dari Masyarakat Lokal hingga Tamu Mancanegara

Mangupura (Bisnis Bali) –  Bagi masyarakat di daerah ini, yang namanya sate lilit khas Bali sudah tidak asing lagi. Memanfaatkan adonan parutan kelapa dan daging ayam atau babi segar yang sudah ditumbuk halus dilengkapi racikan bumbu tradisional (basa genap/lengkap) juga rempah – rempah dijadikan peluang bisnis. Pasarnya tak hanya masyarakat lokal tapi hingga tamu mancanegara.

‘’Kekhasan cita rasa sate lilit dan harganya yang terjangkau, juga ikut menyebabkan menu pilihan ini primadona di pasaran. Selain untuk perlengkapan upacara Hindu di Bali, kuliner yang dapat dibilang bagian dari budaya kearifan lokal ini juga biasa untuk lauk- pauk sehari-hari,’’ jelas Wayan Heru, penjual sate lilit khas Bali, Selasa (12/6).

Dikatakan, penggemar kuliner Bali pasti mengenal menu sate lilit. Sate lilit adalah, salah satu masakan khas dari Pulau Dewata yang banyak dicari, baik oleh penduduk lokal maupun turis mancanegara. Umumnya sate ini dibuat berbahan dasar ikan tuna atau kakap dengan campuran parutan kelapa. Namun bahan berupa daging ayam dan babi juga tak kalah banyak dipilih untuk membuat adonan sate lilit. Kekhasan cita rasa sate lilit Bali, karena proses memasaknya bukan dengan cara digoreng, tapi dibakar memanfaatkan arang yang ada bara apinya. Dibakar bukan di atas bara api dari arang yang terbuat dari kayu, melainkan menggunakan arang yang terbuat dari tempurung kelapa. Hasilnya cita rasa sate lebih enak dan aromanya khas. Biasanya disajikan dengan pelengkap sambal matah khas Bali, yaitu berbahan dasar bawang merah mentah yang diiris tipis.

Adapun resep membuat sate lilit sebagai berikut. Bahan yang digunakan 300 gram daging ikan kakap atau tuna atau bisa ayam atau babi. 50 gram gula merah, 3 lembar daun jeruk,1 sendok garam,100 gram kelapa parut, 20 tusuk bambu. Sedangkan bumbunya 3 siung bawang putih,5 buah bawang merah,1 ruas jari kencur,1 butir kemiri,½ sdt terasi, 1 sdt gula merah, 2 buah cabai rawit,1 ruas jari kunyit, 2 lembar daun jeruk,1 buah serai memarkan dan 1 sendok minyak kelapa. (gun)