Nikmatnya Kopi Arabika Kintamani dan Robusta Pupuan Peluang Bisnisnya kian “Naik Daun”

KOPI - Minuman kopi salah satu konoditi bisnis menjanjikan saat ini. Karena itu menjaga kualitas produk bertujuan meningkatkan daya saingnya di pasaran. (gun)

Denpasar (Bisnis Bali) –  Bicara kuliner lokal sangat beragam varian dan jenisnya. Tak sebatas makanan dan jajanan khas Bali, namun berbagai jenis minuman berkualitas juga dihasilkan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Pulau Dewata ini.

Salah satu minuman yang biasa dikonsumsi sehari – hari, yang nyaris tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat yakni, secangkir kopi nikmat dengan citarasa yang khas di tiap sajian acara pun daerah asal kopi tersebut.

Owner Nira Bali, Ir. Nyoman Jaya Kusuma, Sabtu (2/6) di kawasan Gatot Subroto menyampaikan, kopi tak hanya jenis arabika Kintamani dan robusta Pupuan Tabanan, namun bisnis kopi  saat ini dapat dibilang sedang “naik daun”. Terlebih lagi cita rasa khas kedua jenis kopi tersebut tak sama, namun keduanya memiliki keunggulan rasa yang nikmat sehingga pas disajikan sembari menikmati kuliner jajanan atau makanan lainnya pada tiap kesempatan bersantai. Kedua jenis kopi ini juga telah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis (IG) yang diberikan Kemenhumkam, sebagai kopi terbaik selain 18 jenis kopi lainnya di Indonesia.

Menikmati secangkir kopi nikmat tentu menyehatkan. Untuk memperolehnya tentu saja tak lepas dari proses yang dilakukan. Mulai dari petani yang menanam kopi tersebut hingga produsen yang mengolahnya, dengan sistem modern hingga menghasilkan minuman kopi pilihan yang berkualitas tinggi.

Di tingkat petani guna menghasilkan kopi yang berkualitas, selain ditentukan kualitas tanah dan kondisi alam serta budaya tanam masyarakat di mana kopi tersebut dikembangkan,  proses budi daya dan pemetikan kopi dalam kodisi berwarna merah juga sangat menentukan kualitasnya. Memetik kopi yang sudah berwarna merah, menentukan kematangan biji kopi tersebut pun zat – zat yang terkandung di dalamnya seperti gula jadi lebih sempurna sehingga  akan mempengaruhi cita rasanya saat dikonsumsi. Proses memilih biji kopi berkualitas, juga dilakukan dengan mengguyur biji kopi tersebut dengan air. Biji yang tenggelam adalah, yang berkualitas dan bisa diproses lebih lanjut. Ada pun proses tersebut ada yang disebut natural, honey, dan lainnya. (gun)