Hotel Garap Pasar Minat Khusus

KHUSUS – Wisatawan minat khusus perlu digarap maksimal di tengah lesunya kunjungan wisatawan ke Bali.

Mangupura (Bisnis Bali) – Adanya travel advice dari berbagai negara untuk Indonesia menyebabkan kunjungan wisatawan ke Bali mengalami penurunan. Oleh karena itu, hotel harus menggarap pasar minat khusus untuk menarik kunjungan wisatawan ke Bali.

Manajer Hotel Hadi Poetra, Nyoman Darwin Wibawa, Jumat (1/6) mengatakan, di Bali banyak kegiatan pameran mendorong hotel bisa menggarap wisatawan minat khusus. Salah satu contoh pameran lukisan di Jimbaran mendorong hotel Hadi Poetra menggarap wisatawan pelukis untuk menginap sekalian mengikuti pameran.

Ia menjelaskan, ajang pameran lukisan dimanfaatkan untuk ajang temu kangen antar-pelukis dunia. Para pelukis ini disediakan fasilitas kamar dan makan tampil beda sesuai selera pelukis dunia tersebut.

Dipaparkannya, dalam penggarapan pasar minat khusus ini, manajemen hotel wajib memahi selera pasar. Seperti wisatawan pelukis ini ditemani seluruh crew hotel sehingga mereka terasa tinggal di rumah sendiri.

Ia mengakui, wisatawan minat khusus yang dihandel sebanyak 26 pelukis, di antaranya dari Asia, Eropa seperti Italia dan Prancis.

Darwin Wibawa berharap, travel advice dari berbagai negara untuk Indonesia bisa segera dicabut. Ini akan memudahkan penggarapan wisatawan minat khusus. Untuk saat ini untuk menutupi isian kamar akibat wisatawan mancanegara (wisman) yang menurun, Hotel Hadi Poetra menggarap wisatawan domestik (wisdom). (kup)