Sidak Makanan Jelang Galungan BBPOM Temukan Kandungan Formalin dan Rhodamin B

SIDAK – BBPOM saat melakukan sidak di Pasar Kreneng. Hasilnya ditemukan beberapa makanan mengandung formalin dan rhodamin B. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali) – Dalam sidak yang digelar oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Denpasar, Senin (21/5) ditemukan kandungan formalin dan rhodamin B pada beberapa jenis makanan. Penemuan kedua zat berbahaya tersebut akan ditelusuri kembali peredarannya, mengingat temuan tidak sekali terjadi terlebih kandungan rhodamin B.

Kepala BBPOM di Denpasar, Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt, pada sidak yang dilakukan di Pasar Kreneng, mengatakan, dari 28 jenis sampel yang diuji, sebanyak 2 makanan mengandung formalin yaitu ikan asing (sudang) dan teri Medan. Sementara jenis makanan yang positif rhodamin B, yaitu jajan begina, jajan matahari (warna pink), apem, gipang dan apem kecil.

Terhadap temuan tersebut, pihaknya mengaku akan segera menelusuri lebih lanjut terkait distribusi makanan yang mengandung bahan berbahaya. Penelusuran akan dilakukan ke tingkat pedagang hingga produsen. ”Selama ini kita sudah melakukan pembinaan ke sentra-sentra produksi. Beberapa yang belum mungkin karena benar tidak tahu atau memang tahu tapi membandel. Ini akan kami tinjau lebih lanjut,” ungkapnya. (wid)