Jelang Hari Raya, Pedagang Tambah Stok

Bangli (Bisnis Bali)- Tidak lama lagi masyarakat Hindu di Bali, akan merayakan hari raya Galungan dan Kuningan yang jatuh tiap enam bulan sekali. Momen hari raya ini dimanfaatkan pedagang untuk meraup keuntungan. Seperti yang dilakukan pedagang pakaian adat ke Pura di pasar Kidul Bangli.

“Kami sudah mulai tambah stok, khususnya untuk kebaya jadi, kamben, dan kamben jadi remaja, serta kebaya jadi anak-anak,” ungkap Bu Jro, salah seorang pedagang pakaian adat ke Pura.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini kamen motif bordir masih tetap diminati, selain itu kamben jadi kualitas bagus juga jadi incaran. “Kamben masih motif bordir dan kamben jadi tapi yang katun strait ini dipilih, mungkin karena hari raya harus sembahyang di banyak Pura. Jadi simple dan nyaman dipakai,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Wayan Asih, yang sudah banyak menyediakan pakaian sembahyang khususnya untuk anak- anak. “Kamben jadi dan baju kebaya anak, permintaannya sudah makin banyak, ya anak-anak biasanya diutamakan di hari raya ini, sehingga stoknya pun ditambah,” ungkapnya.(ita)