Lawan Depresiasi Rupiah dengan Pakai Produk DN

Mangupura (Bisnis Bali) – Depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bisa dilawan dengan mencintai rupiah itu sendiri, termasuk selalu menggunakan produk dalam negeri (DN). Mencintai rupiah bila dilakukan semua masyarakat maka bisa mengangkat atau mengapresiasi rupiah.

Wakil Kadin Bali Bidang Finansial dan Moneter, IB Kade Perdana dan pemerhati perbankan Dr. Indrawan di Nusa Dua, Minggu (29/4) kemarin mengatakan, depresiasi rupiah memang rentan mempengaruhi berbagai sektor usaha dan ekonomi, namun harus diingat pula nilai tukar rupiah tidak akan selamanya melemah. Pergerakan kurs selalu terjadi sepat atau lambat, nilai tukar rupiah akan kembali menguat.

“Untuk itu masyarakat jangan bermain spekulasi di tengah depresiasinya rupiah. Masyarakat harus mencintai rupiah,” saran IB Kade.

Hal sama dikatakan Indrawan, mencintai rupiah dengan cara tidak ikut serta membeli dolar AS dan memperbanyak transaksi menggunakan rupiah, apalagi Bank Indonesia sudah mengeluarkan peraturan terkait kewajiban penggunaan rupiah di dalam negeri.

“Kami setuju dengan adanya undang-undang kewajiban penggunaan uang rupiah di dalam negeri maka semua transaksi akan gunakan rupiah, sehingga bisa menguatkan kembali kurs kita,” katanya. (dik)