Diserbu Lukisan Digital, Pelukis Manual tetap Eksis

Lukisan manual oleh I Nyoman Suma Argawa.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Seiring zaman yang makin modern, kini seni lukis sudah makin berkembang dan berinovasi. Tidak sedikit lukisan cenderung dibuat secara digital. Bahkan dewasa ini banyak yang beralih melukis secara digital sehingga melukis dengan cara manual hampir terlupakan.

I Nyoman Suma  Argawa, pelukis dari Desa Bungkulan, Singaraja, ketika diwawancarai Bisnis Bali mengatakan, meskipun ada cara melukis dengan mudah yakni, dengan lukisan digital, namun melukis yang dibuat secara manual atau lukisan dengan cat dan kuas masih dinilai lebih bernilai seni atau metaksu. Apalagi sebagai seniman Bali atau pelukis, tentu taksu sangat diperlukan di dalam mengaplikasikan cat dan kuas untuk mendapatkan hasil lukisan yang baik.

Ia mengungkapkan, seni lukis dengan cat kini makin terlupakan karena semakin canggihnya teknologi. Oleh karena itu, dirinya memilih melestarikan cara melukis manual agar tetap lestari. Bahkan teknik melukis dengan cara manual membutuhkan biaya yang cukup tinggi, namun nilai jual yang didapat juga tinggi.  (ira)