Darurat Bencana Dicabut, Pariwisata pun Menggeliat  

Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana

Memasuki triwulan I 2018 sebagian besar lapangan usaha utama ekonomi Bali diperkirakan mengalami peningkatan kinerja, khususnya lapangan usaha yang terkait langsung dengan bidang usaha pariwisata dan konstruksi. Kondisi usaha di Bali tersebut, jauh berbeda bila dibandingkan triwulan IV 2017. Apa faktor pendorong peningkatan tersebut?

KEBIJAKAN pemerintah pusat yang mencabut status darurat bencana untuk wilayah Bali dan membatasi wilayah terdampak dari puncak Gunung Agung membawa pengaruh positif pada kinerja ekonomi Bali pada triwulan I 2018. Sebelumnya, kinerja ekonomi Bali pada triwulan IV dari sisi penawaran mengalami perlambatan disebabkan oleh melambatnya lima dari enam lapangan usaha seperti penyediaan akomodasi makan dan minum, perdagangan besar dan eceran, transportasi dan pergudangan dan industri pengolahan serta pertanian. Sementara sektor usaha yang mengalami peningkatan dari kinerja konstruksi.

Pertumbuhan ekonomi Bali triwulan IV 2017 hanya 4,01 persen (yoy). Pertumbuhan ekonomi Bali tersebut terendah dalam kurun 7 tahun terakhir dan lebih rendah dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh 6,23 persen (yoy), dengan outpun riil mencapai Rp 36,89 triliun.

Melambatnya kinerja ekonomi pada triwulan IV 2017 tersebut disebabkan faktor internal dan eksternal. Faktor pemicu terasa dari peningkatan aktivitas vulkanis Gunung Agung menyebabkan terjadinya pembatalan kedatangan sejumlah wisatawan mancanegara dan domestik serta MICE untuk dilaksanakan di Bali. Adanya kebijakan travel advisory yang dikeluarkan beberapa negara kepada warganya untuk berkunjung ke Bali juga ikut mempengaruhi, termasuk penghentian sementara penerbangan secara langsung dari dan ke Tiongkok dengan Bali.

Bagaimana kondisinya saat ini? Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali Causa Iman Karana menerangkan, kinerja ekonomi dan lapangan usaha di Bali pada triwulan I 2018 estimasi mengalami peningkatan. Peningkatan kinerja ekonomi Bali pada triwulan I 2018 didorong oleh berapa faktor. (dik)