Volume Air Danau Buyan Meningkat Puluhan Hektar Lahan Pertanian Warga Terendam Air

Volume air Danau Buyan meningkat.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Mulai awal April 2018, air danau Buyan di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng terus meningkat. Dampak yang ditimbulkan dari meluapnya air danau ini, mengakibatkan puluhan hektar lahan warga di dua Dusun di Desa Pancasari yakni Dusun Dasong dan Dusun Buyan tergenang air.

Kondisi ini menjadi makin parah apabila curah hujan yang tinggi terus turun di kawasan Desa Pancasari. Saat hujan deras dengan intensitas air yang tinggi volume air danau Buyan meningkat dengan peningkatan ketinggian hingga 6 cm. Total lahan pertanian warga yang terendam air danau mencapai 60 hektar.

Luapan air danau yang kian meluas ini tidak hanya berdampak pada lahan pertanian juga merendam dua belas rumah warga dan satu sekolah dasar.

Wayan Mertasa, salah seorang warga yang rumahnya terendam  air danau mengatakan, Dusun Dasong menjadi dusun yang paling patah tetdampak luapan air danau Buyan, bahkan air sudah mencapai pinggiran jalan  di Dusun Dasong. “Untuk di Dusun Dasong lahan yang terendam air danau sebanyak 30 hektar,” ungkapnya.  (ira)