Capaian RAT Koperasi di Tabanan hanya 53 Persen

Tabanan (Bisnis Bali) – Hingga batas waktu penyelenggaraan rapat anggota tahunan (RAT) atau Maret bagi koperasi primer, jumlah koperasi di Kabupaten Tabanan yang sudah menggelar RAT hanya mencapai 53 persen atau hanya mencapai 239 koperasi. Tahun ini jumlah total koperasi di Kabupaten Tabanan mencapai 559 koperasi, 107 koperasi di antaranya berstatus tak aktif dan 448 koperasi sisanya merupakan wajib RAT tahun ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Tabanan, AA Gede Dalem Tresna Ngurah, di Tabanan, Rabu (4/4) mengungkapkan, sesuai ketentuan untuk koperasi jenis primer RAT dilakukan periode Januari- Maret, sedangkan untuk koperasi jenis sekunder RAT dimulai dari Januari hingga Juli nanti.

Ia mengakui, tahun ini jumlah koperasi di Tabanan yang tidak menggelar RAT memang cukup banyak, dan terkait itu pihaknya akan mengambil langkah tegas dengan melayangkan surat kepada koperasi yang belum menggelar RAT, bahkan akan mendatangi koperasi bersangkutan.

“Kami akan  menanyakan dulu mengapa koperasi bersangkutan tidak menggelar RAT. Namun, apabila diketahui koperasi tersebut sudah dua kali atau dua tahun terakhir tidak menggelar RAT, maka kami akan masukkan koperasi tersebut dalam status tidak aktif,” katanya.  (man)