Perencanaan dan Pembukuan Kiat Sukses Jalankan Bisnis

BANYAK orang merasa takut ketika akan memulai sebuah usaha, padahal bila rencana bisnis (bussines plant)  yang dibuat sudah matang pengusaha tidak perlu ragu lagi dalam melangkah. Hal tersebut disampaikan CEO Toya Group, Ayu Saraswati di hadapan ibu-ibu PKK dan pelaku UMKM di Kabupaten Badung yang mengikuti Workshop Tata Rias Pengantin Bali, Tengkuluk Lelunakan, Pusung Tagel dan Kewirausahaan, Rabu (28/3) di wantilan Puspem Badung.

Memulai sebuah bisnis harus dilakukan dengan perencanaan yang baik, karena tanpa perencanaan pengusaha tidak akan tahu ke mana arah dari bisnis yang dijalankannya. “Pada awal memulai usaha, memang kita harus siap dengan kendala yang akan dihadapi. Namun dengan rencana bisnis yang dibuat sebelum mulai usaha semua pasti bisa teratasi,” ucapnya.

Rencana bisnis tersebut harus dibuat secara tertulis karena akan menjadi pedoman dalam menjalankan bisnis.

“Rencana bisnis tersebut mengandung unsur tujuan bisnis, rencana marketing, terkait permodalan dan managemen keuangan,” paparnya. Unsur-unsur tersebut sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Oleh karenanya, bila ingin sukses dalam berbisnis, rencana bisnis ini harus selalu dijalankan mulai dari rencana jangka pendek hingga jangka panjang.

Menjawab sejumlah persoalan yang dihadapi oleh para peserta dalam menjalankan bisnis seperti packaging dan pemasaran, Ayu Saraswati mengatakan, kemasan memang sangat berpengaruh terhadap penjualan. “Kita harus bisa membuat orang tertarik dengan produk yang kita buat. Begitu melihat orang jadi tertarik, karena orang tidak punya banyak waktu untuk melihat,” tandasnya. (pur)