Kemenpar Dorong Pengembangan Destinasi Digital

DIGITAL - Rakornas Pariwisata I 2018 yang digelar di Bali mendorong pengembangan destinasi digital. (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong pengembangan destinasi digital. Destinasi wisata yang ada di Bali akan dipromosikan secara digital melalui Instagram maupun media sosial lainnya.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono, Kamis (22/3) mengungkapkan, pada rakornas kepariwisataan, akan menjadi momentum tampilnya destinasi digital yang akan menjadi salah satu program utama Kemenpar pada 2018.

Ia menjelaskan, peserta rakornas kepariwisataan ini adalah anak-anak Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Mereka akan menampilkan 3.001 spot foto, serta 1.001 kalimat unik zaman now.

Dipaparkannya, destinasi digital merupakan sebuah konsep yang tengah booming saat ini. Bukti konkretnya ada di 9 pasar anak-anak GenPi yang saat ini tengah naik daun.

Don Kardono melihat rakornas pariwisata I dipastikan bakal menjadi rakornas paling gaul. Sebab, peserta diwajibkan tampil santai layaknya berwisata. Bahkan, akan ada pemilihan kostum terbaik untuk para peserta. Seluruh peserta diwajibkan memakai pakaian berwisata. Celana pendek serta baju pantai menjadi busana wajib peserta rakornas. Pariwisata itu harus happy, smile, jangan kaku. Semua senang-senang karena ini Bali sebagai gerbang pariwisata .

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kehadiran destinasi digital ala anak GenPI di Rakornas Pariwisata I memberikan warna baru dalam pariwisata Indonesia. Menurut Menpar destinasi digital seperti ini hanya ada di Indonesia satu-satunya. Indonesia mesti bangga menjadi negara pertama di dunia yang memiliki destinasi digital. “Apalagi ini adalah kreasinya anak-anak muda yang peduli dengan pariwisata,” katanya. (kup)