Pulau Gili Putih, Objek Wisata Baru di Buleleng

WISATA – Objek wisata Pulau Gili Putih di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.  (ira)

Singaraja (Bisnis Bali) – Buleleng dengan wilayah paling luas di Bali ini, menyimpan banyak potensi wisata tersembunyi yang belum banyak di ketahui wisatawan. Seperti Pulau Gili Putih di kawasan Buleleng Barat ini salah satunya pantai yang memiliki potensi layaknya permata yang mulai bersinar ini berada di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Pulau Gili Putih merupakan salah satu destinasi pantai baru yang ada di Bali Utara, di mana pulau ini merupakan sebuah gundukan pasir putih di tengah laut mirip seperti sebuah pulau namun tak berpenghuni, hanya gundukan pasir putih yang cantik. Keunikan pulau ini, bentuknya selalu berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasang surut gelombang laut. Maka itu, luas pulau ini juga sering kali berubah-ubah. Kini pulau Gili Putih ini menjadi salah satu objek wisata baru di Buleleng.

Untuk menuju Gili Putih, wisatawan dapat menggunakan perahu nelayan sekitar. Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan air laut yang sangat jernih, pasir putih di bawah air terlihat begitu mengkilap, sementara beberapa terumbu karang sudah mulai tumbuh dan di beberapa sudut perairan, tampak sejumlah keramba apung tempat budi daya perikanan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Nyoman Sutrisna belum lama ini mengungkapkan, sudah dibentuk Pokdarwis untuk mengelola kawasan kawasan Gili Putih agar ada pihak yang bertanggung jawab jika ada wisatawan yang berkunjung ke Pulau Gili Putih. Pembentukan Pokdarwis ini juga bertujuan agar ada pihak yang mengelola sehingga nantinya Gili Putih menjadi salah satu objek wisata favorit. “Ke depan kami dan Pokdarwis akan melakukan pengembangan terhadap kawasan tersebut untuk mempercantik area Gili Putih untuk menarik wisatawan datang ke lokasi tersebut,” ungkapnya.   (ira)