BI Siapkan Rp 5,8 Triliun Bank Diminta Jamin Dana ATM Nyepi

Kepala Kantor Perwakilan BI Bali, Causa Iman Karana

Mangupura (Bisnis Bali) – Bank Indonesia (BI) Bali menyediakan persediaan kas menjelang Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 17 Maret 2018 mencapai Rp 5,8 triliun. Ketersediaan dana kas ini optimis mencukupi kebutuhan uang tunai baik yang dibutuhkan masyarakat maupun perbankan.

“Untuk itu kami harapkan perbankan memastikan kecukupan dana di anjungan tunai mandiri (ATM) menjelang dan sesudah Nyepi, ” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Bali Causa Iman Karana di Nusa Dua.

Ia mengatakan, kecukupan kas yang disiapkan menjelang perayaan Tahun Baru Caka 1940 ini dengan melihat data uang keluar pada periode menjelang Hari Raya Nyepi 2017 yang mencapai Rp 2,27 triliun.

“Dari dana yang keluar pada kondisi sama tahun lalu, maka perayaan Catur Berata Penyepian tahun ini BI optimis persediaan kas pada 2018 masih sangat aman dan mencukupi kebutuhan,” ujarnya.

Ia mengatakan, kebutuhan dana tersebut banyak terserap ke perbankan seiring tingginya permintaan uang tunai di lembaga jasa keuangan tersebut. “Dalam hal ini perbankan sejak seminggu sudah melakukan persiapan dari sisi pasokan dana,” terangnya. (dik)