Berdaya Saing Tinggi Pemkot Denpasar Fasilitasi Pameran UMKM

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara yang didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Erwin Suryadarma Sena dan pejabat lainnya sedang meninjau Pameran Produk Unggulan UMKM‎ HUT ke- 230 Pemkot Denpasar, di Taman Kota Lumintang. (sta)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan, membuat UMKM mampu menghadapi tantangan global. Seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia, dan teknologi, serta perluasan area pemasaran serta melakukan promosi.

Salah satu strategi promosi yang sering dilakukan para pengusaha untuk mengenalkan produknya yaitu dengan mengikuti pameran. Merupakan ajang pengenalan produk dan peningkatan penjualan dengan menjaring konsumen sebanyak – banyaknya.

Ketatnya persaingan bisnis memaksa pelaku usaha untuk mempromosikan produk mereka langsung sambil melihat peluang pasar bagi produknya. Maka dari itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar menyelenggarakan Pameran Produk Unggulan Kota Denpasar dalam rangka memeriahkan HUT ke- 230 Kota Denpasar.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, S.E.,M.Si., yang didampingi Kabid UMKM, Ir. Ngakan Widnyana Jumat (2/3), di areal pameran mengatakan, pameran HUT kota tahun ini berlangsung mulai 27 Februari sampai 3 Maret 2018 yang mengambil tema “Akselerasi implementasi padmaksara berbasis Tri Hita Karana dalam mewujudkan kebahagiaan Masyarakat Kota Denpasar”.

Pada kesempatan HUT kota kali ini, Dinas Koperasi dan UMKM selain melaksanakan pameran produk unggulan juga memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk menyampaikan, mensosialisasikan dan memperkenalkan produk inovasi agar tidak terkesan monoton dengan produk yang sudah ada. ”Kami juga melaksanakan lomba stan UMKM dengan kriteria penilaian meliputi kebersihan stan, cara penataan produknya, keindahan dekorasi, service exellent dan kedisiplinan,’’ katanya. (sta)