Investasi SDM Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

Mangupura (Bisnis Bali) – Sumber daya manusia (SDM) atau human capital merupakan faktor penting dalam mendorong perumbuhan ekonomi,  mengentaskan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan. SDM yang berkualitas dapat dilihat dari berbagai aspek  antara lain pendidikan, kesehatan dan kesetaraan gender.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pada acara Voyage to Indonesia Program: Seminar on Human Capital as a New Driving Force of Economy, Kamis (1/3) kemarin, di Kuta.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dari sisi pendidikan, kurikulum yang komprehensif, adaptif dan dinamis dapat menciptakan SDM yang inovatif dan mampu menghadapi era digital. Selain itu pendidikan vokasi juga perlu untuk dikembangkan untuk SDM yang terampil. Dari sisi kesehatan, kecukupan nutrisi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pada faktanya, malnutrisi merupakan salah satu penyebab yang membuat SDM menjadi kurang berkualitas dan mempunyai daya tahan rendah. Sementara kesetaraan gender dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Kesempatan yang lebih luas terhadap para wanita, baik di dalam perekonomian maupun politik akan lebih mengoptimalkan peran wanita dalam mendorong terciptanya pertumbuhan yang inklusif.

“Mempertimbangkan hal-hal tersebut, pemerintah perlu menempatkan investasi di bidang SDM sebagai salah satu program prioritas. Salah satu langkah yang dapat dilakukan melalui skema perlindungan sosial yang komprehensif,” ungkapnya. (dar)