Lewat Sertifikasi Tingkatkan Kualitas SDM BPR

Sertifikasi merupakan langkah bank perkreditan rakyat (BPR) dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). (kup)

Mangupura (Bisnis Bali) – Sertifikasi merupakan langkah bank perkreditan rakyat (BPR) dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Sekretaris DPD Perbarindo Bali, Ketut Komplit Rabu (28/2) mengatakan dengan mengantongi  sertifikasi SDM BPR terutama di jajaran komisaris dan direksi memiliki daya saing.

Diungkapkannya, dengan dukungan SDM berkualitas mendorong BPR menjadi kuat. Ini menjadikan BPR sehat, efisien, dan berkesinambungan.
Komisaris BPR Nusamba ini menjelaskan dengan SDM kuat memudahkan BPR menerapkan manajemen risiko. BPR wajib mengukur, mengidentifikasi, memantau dan mengendalikan risiko.
Dipaparkannya, dengan SDM kuat, BPR akan lebih kuat dari sisi kelembagaan dan pengurusan. Kuat dari kelembagaan, BPR wajib memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kepada SDM BPR.

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM mulai dari manajemen level bawah sampai manajemen level atas. Selain memiliki keterampilan, SDM BPR dituntut memiliki sikap kerja yang baik.
Lebih lanjut dikatakannya, selain penguatan kelembagaan atau pengurusan, BPR juga harus memperkuat permodalan guna mengoptimal kinerja BPR. Dengan modal kuat BPR bisa menerapkan teknologi informasi (TI) mengikuti kebutuhan konsumen.
Menurutnya dalam POJK 75 mewajibkan BPR  menerapkan IT berbasis online 2019. Ini dengan sendiri BPR wajib memiliki SDM yang paham teknologi.  (kup)