Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Batan Distan Selenggarakan ’’Demfarm’’ Penanaman Padi Unggul Varietas Inpari Sidenuk

Penanaman dilaksanakan di Balai Benih Utama (BBU) Tangguwisia. (ira) 

Singaraja (Bisnis Bali) – Menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dengan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) yang ditandatangani beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pertanian (Distan) menyelenggarakan Demfarm (Demonstrasi farming) penanaman bibit padi unggul varietas Inpari Sidenuk. Penanaman ini dilaksanakan di Balai Benih Utama (BBU) Tangguwisia, Sabtu (3/2) lalu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Nyoman Swatantra, saat dihubungi menjelaskan, penanaman bibit padi varietas Inpari Sidenuk ini merupakan wujud dari kerjasama dengan Batan. Demfarm ini menghadirkan narasumber dari Pusat Sains Teknologi Akselerator (PSTA) Batan Yogyakarta dan Perusahaan Benih Padi Kerja Boyolali. Pihaknya lakukan sosialisasi dan penanaman saat ini dan menghadirkan narasumber dari Batan dan PP Kerja. ‘’Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerjasama kita dengan Batan,’’ jelasnya.

Luasan yang akan dibantu bibit padi unggul varietas Inpari Sidenuk ini adalah enam hektar. Enam hektar tersebut tersebar di BBU Tangguwisia seluas 1,5 hektar dan Subak Banjar Tengah, Desa Tukadmungga seluas 4,5 hektar. Demfarm ini juga sebagai contoh bagi petani lain di Buleleng untuk mempelajari bagaimana menanam bibit padi unggul jenis ini.  Kami dibantu seluas enam hektar. Saat ini ditanam di BBU Tangguwisia dan besok kami akan menanam di Subak Banjar Tengah, Desa Tukadmungga,’’ ujar Swatantra. (ira)