Suiasa Hadiri Puncak Karya Pura Desa dan Puseh Pangsan

istKARYA - Wabup Suiasa saat menghadiri karya di Pura Desa dan Puseh Desa Pangsan, Petang, Rabu  (31/1) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Puncak Karya Ngenteg Linggih, Mepedudusan Agung, Menawa Ratna, Mapadanan, Mapeselang, Medasar Tawur Balik Sumpah Utama, ngusaba desa lan ngusaba nini di Pura Desa dan Puseh Desa Pangsan, Kecamatan Petang dilaksanakan pada Purnama Sasih Kawulu, Buda Umanis Prangbakat, Rabu  (31/1) lalu. Karya yang dipuput Ida Pedanda Gd Ngr. Putra Keniten Gria Kediri Sangeh, dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Camat Petang IB Nata Manuaba, Perbekel Pangsan, Bendesa Adat Pangsan, Kelian Banjar dan krama desa setempat.

Wabup Suiasa memberikan apresiasi atas semangat krama Desa Adat Pangsan yang telah mampu melaksanakan karya yang utama ini. Hal ini sebagai satu bukti bahwa krama Pangsan tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan salah satu konsep ajaran agama Hindu, Tri Hita Karana khususnya di bidang Parahyangan. Untuk itu Suiasa mengharapkan dalam pelaksanaan karya ini, harus didasari hati yang suci dan tulus ikhlas untuk beryadnya serta sagilik, saguluk, salunglung, sabayantaka. Dijelaskan, kehadiran pemerintah, sebagai wujud ikut ngrastitiang semoga karya dapat berjalan dengan baik. Selain itu Pemkab Badung juga mendukung karya ini melalui bantuan hibah Rp 1,1 miliar.

Ketua Panitia Karya, Gusti Ketut Karyana melaporkan, karya ini dilaksanakan dalam kurun waktu 30 tahun dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun krama Desa Adat Pangsan patut bersyukur karena Pemkab Badung telah membantu pelaksanaan karya melalui bantuan dana hibah. Untuk itu atas nama krama Desa Adat Pangsan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung yang selalu mendukung dan meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan pembangunan maupun upacara yadnya seperti ini. (ad 0.138)