Jawab Tantangan Pembangunan di Desa Bupati Gianyar Lantik Pengurus FKBPD Se-Kabupaten Gianyar

Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata melantik  pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa ( FK BPD) Kabupaten Gianyar masa bakti 2018- 2020 di Balai Budaya Gianyar Jumat (26/1). (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Tantangan yang dihadapi dalam pembamgunan desa semakin berat. Melihat tantangan pembangunan di pedesaan, Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata melantik  pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa ( FK BPD) Kabupaten Gianyar masa bakti 2018- 2020 di Balai Budaya Gianyar, Jumat (26/1).

Dalam konteks pemerintahan desa,BPD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan desa bersama kepala desa/perbekel. BPD memiliki peran dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa melalui musyawarah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa.

Ketua terpilih, I Wayan Ari Arsania mengatakan, BPD mempunyai peran yang cukup signifikan dalam proses pembangunan di desa. Ini terutama untuk verifikasi anggaran atau perencanaan dan fungsi monitoring atau pengawas.  Menurut Ari Arsana, meskipun fungsinya amat vital dan strategis, namun kenyataan selama ini lembaga BPD belum mendapat perhatian yang berimbang di samping pengakuan eksistensinya yang belum maksimal termasuk pengakuan terhadap hak dan kewajibannya.

Dalam hal menyalurkan aspirasi maupun informasi dari pemerintah pada BPD desa, dibutuhkan sebuah forum komunikasi antar lembaga tersebut, sehingga berbagai persoalan cepat teratasi. Atas dasar inilah menurut Ari Arsania, pihaknya bersama segenap anggota BPD se-Kabupaten Gianyar pada 25 November tahun lalu menyepakati terbentuknya Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD) Kabupaten Gianyar 2018-2020.

“ Tujuan dari terbentuknya forum ini , kami ingin menjadikan BPD sebagai media pembelajaran dan inkubasi kader-kader penggerak pembangunan desa,” tegas Ari Arsania.
Dijelaskan, seluruh anggota BPD se-Kabupaten Gianyar sudah dilantik pada 2015 lalu dan forum Komunikasi BPD Kabupaten Gianyar terbentuk 25 Nopember 2017 terdiri dari 7 forum komunikasi BPD kecamatan dengan anggota 550 orang di seluruh Kabupaten Gianyar. (kup)