Jaga Kesehatan Bayi, ’’Bodynya’’ Perlu ’’Dimassage’’

Bayi yang sedang di massage. (pur)

Denpasar (Bisnis Bali)- Massage pada bayi memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak, sehingga sebaiknya dilakukan. Sebagian besar ibu memilih untuk mengajak buah hatinya untuk melakukan treatment tersebut di “baby spa“, namun bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke spa bisa melakukan sendiri di rumah.

Kadek Satriani, terapis di Pamperme memaparkan, massage atau pijat pada bayi, manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menstimulasi motorik kasar dan motorik halus pada bayi, meningkatkan berat badan, memperlancar pencernaan dan pernafasan, jantung, paru – paru dan organ vital lainnya. Massage bisa dilakukan sendiri di rumah.

Untuk melakukan sendiri di rumah siapkan air hangat yang steril, handuk yang berbahan lembut dan menyerap air, kemudian ban plastik yang empuk sebagai bantalan penopang leher bayi. Untuk massage persiapkan minyak kayu putih dan minyak telon asli untuk pemijatan. “Hindari pemakaian baby oil ketika pemijatan karena mengandung bahan kimia yang dapat membuat kulit bayi iritasi dan timbul ruam kemerahan,” tandasnya.

Selain itu agar bayi menjadi tenang siapkan musik simfoni klasik instrumental. “Ada air yang akan digunakan untuk berenang dapat diteteskan beberapa tetes minyak essensial khusus bayi. Biasanya didalamnya terkandung nutrisi seperti ekstra lemon dan jahe,” terangnya.

Pemijatan dapat dilakukan lembut dengan sedikit tekanan  pada bagian bawah telinga. Pemijatan ini fungsinya untuk stimulasi peredaran  pada otot rahang lancar dan menghilangkan kekakuan pada wajah dan mulut, agar mendapat kenyamanan ketika bayi melakukan aktifitas sedang berbicara, tertawa atau  ketika sedang menangis. Pemijatan pada bagian alis bayi yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mempertajam motorik matanya dalam membedakan warna, bentuk dan motif  benda-benda disekitarnya. Pemijatan pada bagian dada dan sekitar perut yang bermanfaat untuk memperlancar pembuluh darah jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Pemijatan pada kaki dan tangan yang bermanfaat untuk menstimulasi otot persendiannya, agar terhindar dari rasa nyeri dan pegal-pegal. Pemijatan lembut terhadap telapak kaki bayi dapat merangsang pertumbuhan tulang jari – jarinya dan dapat membuat kakinya menjadi lebih ringan dan rileks, serta menstimulasi peredaran darah sekitar telapak kakinya menjadi lancar sekaligus mempercepat bayi bisa berjalan. (pur)