Potensial, Pasar Anggrek Potong Sofia sangat Luas

ANGGREK potong sofia sangat potensial untuk dikembangkan karena pasarnya sangat luas dan banyak peminatnya. Pemilik Duta Orchid, Ni Wayan Srilaba, S.E. mengatakan, di tengah sepinya permintaan anggrek dari sektor pariwisata, sofia masih terserap pasar lokal.

Anggrek potong jenis sofia ini memiliki pangsa pasar yang cukup luas. “Selama ini sofia memang banyak terserap ke hotel dan toko-toko bunga. Tetapi saat sektor pariwisata sepi, anggrek potong ini masih terserap oleh pasar lokal untuk keperluan upacara,” tuturnya.

Selain dijual sebagai anggrek potong, sofia juga banyak diminati konsumen dalam bentuk tanaman hias. “Anggrek sofia dalam pot juga banyak peminatnya. Jadi untuk pengembangan sofia ini sangat potensial,” ungkap Pengurus Asosiasi Pengusaha Hortikultura (Aspe Horti) tersebut.

Untuk budi daya sofia lebih mudah dibandingkan jenis anggrek lainnya dan produksi bunga cukup tinggi. Sofia termasuk jenis dendrobium yang bunganya tahan lama sebagai bunga potong, tangkai bunga panjang, mudah tumbuh, mudah perawatannya, dan mudah diperbanyak.

Anggrek sofia bisa hidup dengan sinar matahari cukup. Dengan media tumbuh yang umum digunakan untuk budi daya anggrek antara lain pakis, moss, sabut kelapa dan arang. Untuk pemeliharaan penyiraman anggrek dendrobium sebaiknya dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi hari sekitar pukul 06.00 – 07.00 dan sore hari sekitar pukul 17.00-18.00 dengan cara menyemprot seluruh bagian tanaman terutama bagian bawah permukaan daun. Namun frekuensi penyiraman harus dikurangi bila hujan dan ditambah bila suhu udara sangat tinggi, caranya sekitar lokasi tempat pertanaman anggrek dendrobium tersebut disiram air atau lakukan pemberian semprotan berkabut. (pur)