Ekonomi Lesu, Koperasi tetap Eksis

Denpasar (Bisnis Bali) – Koperasi tetap eksis di tengah lesunya kondisi perekonomian. Hal ini tak terlepas dari peran pengurus dan anggota koperasi yang kompak.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra, S.H., M.H., belum lama ini menegaskan, saat ini kondisi ekonomi lesu, apalagi diiringi erupsi Gunung Agung. Untuk mengantisipasi terjadinya penurunan pendapatan usaha koperasi, maka pengurus terus melakukan pembinaan pada anggota. Anggota kini memahami koperasi dengan benar, terbukti anggota aktif berperan mengembangkan usaha miliknya sendiri.

”Koperasi tetap eksis jika anggotanya aktif. Apalagi bagi koperasi konsumen, yang menyediakan kebutuhan pokok anggota yakin bahwa tetap berjalan lancar. Karena dalam ekonomi lesu, tetap perlu sembako dan barang lainnya. Sama dengan koperasi simpan pinjam, jika semua anggota mau menyimpan dana dan menabung, maka usaha jasa keuangan akan lancar. Karena koperasi sudah memiliki pasar yang jelas yakni anggota,” kata Dewa Patra.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, S.E., M.Si., mengungkapkan, koperasi dan UMKM menjadi andalan untuk mendorong perkembangan ekonomi. Belakangan ini ekonomi global lagi bermasalah, terbukti kegiatan ekspor juga sedikit terganggu. Artinya daya beli konsumen internasional juga terjadi penurunan. Termasuk di Indonesia. Namun demikian, pertumbuhan usaha yang dikelola koperasi tetap lancar. Bahkan, saat ini dengan meletusnya Gunung Agung ekonomi makin lesu. Apalagi dampaknya sudah nyata terjadi penurunan kunjungan wisatawan mancanegara. Tingkat hunian hotel sempat merayap, namun sekarang sudah mulai membaik. (sta)