Masyarakat Badung Peringati Hari Jadi Mangupura Ke-8

istUPACARA - Masyarakat dan pengawai Pemerintah Kabupaten Badung saat melakukan upacara bendera untuk memperingati HUT Ibukota Mangupura, Kamis (16/11).

Mangupura (Bisnis Bali) – Pemerintah Kabupaten Badung menggelar upacara peringatan hari jadi ibu kota Kabupaten Badung ke-8 di lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung Mangupraja Mandala, Kamis (16/11) kemarin. Sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa. Hadir dalam kesempatan tersebut Muspida Provinsi Bali, Sekretaris Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa, Wakil Bupati Bangli  Sang Nyoman Sedana Arta serta perwakilan Pemerintah Kabupaten Karangasem, Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta beserta anggota DPRD Kabupaten Badung, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, Penglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, kepala perangkat daerah se-Badung serta organisasi kewanitaan di Badung.

Dalam sambutan Gubernur Bali pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-8 ibu kota Kabupaten Badung Mangupura yang dibacakan Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dikatakan, Kota Mangupura yang ditetapkan berdirinya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2009 genap berusia delapan tahun. Bila diumpamakan dengan manusia Mangupura baru memulai pengalaman mengelola pemerintahan dan daerah. “Kemajuan signifikan pembangunan daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Badung dalam kurun delapan tahun ini membuktikan Mangupura telah mampu menjadi pusat manajemen pemerintah dan pembangunan serta ikon  kemajuan Kabupaten Badung, sekaligus simbol pemersatu masyarakat Badung yang tersebar nyegara gunung dari Kuta Selatan sampai Petang,” kata Suiasa.

Lebih lanjut Suiasa mengatakan, peringatan dengan tema ‘Sarwatra Swaguna Badung Jayanti‘ ini sebagai momentum evaluasi atas segala pencapaian program pemerintahan dan pembangunan serta pemantapan tekad dan komitmen seluruh komponen di Kabupaten Badung untuk melanjutkan pembangunan daerah guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. “Selain itu peringatan hari jadi Mangupura ini juga sebagai sebagai bahan renungan untuk kembali me-reviuw apa yang kami rencanakan, apa yang kami janjikan secara politik kepada masyarakat Badung  seberapa yang kami mampu lakukan, berapa yang belum dan berapa yang sedang dilaksanakan selama 1 tahun 8 bulan pemerintahan kami bersama Bupati Giri Prasta. Kami juga meminta perangkat daerah untuk mengoreksi diri kekurangan-kekurangan, kelemahan serta kekeliruan yang telah kita lakukan sehingga ke depannya tidak terulang lagi,” ajak Suiasa.

 Suiasa menambahkan, sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Bali, sudah sepatutnya Pemerintah Kabupaten Badung bersinergi dan mengintergrasikan pembangunan di Kabupaten Badung dengan pembangunan di Provinsi Bali sesuai dengan konsep one island management. “Badung siap berkontribusi dan bersinergi dengan Provinsi Bali serta delapan kabupaten dan kota di Bali untuk mewujudkan masyarakat Bali yang sejahtera. Salah satu langkah nyata  Pemerintah Kabupaten Badung dengan melakukan politik anggaran berupa bantuan kepada 6 kabupaten di Bali dan tiap tahun selalu meningkat. Untuk 2018 Pemerintah kabupaten Badung akan membantu kabupaten-kabupaten yang memiliki rumah tangga miskin, kurang lebih 2 ribu rumah tangga miskin akan dibantu. Ini merupakan komitmen kami membangun Bali dari Badung,” tambah Suiasa.

Usai upacara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada insan seni di Kabupaten Badung, hadiah untuk juara lomba serangkaian HUT Korpri serta lomba serangkaian Hari Jadi Ibu Kota Kabupaten Badung Mangupura ke-8.(ad 2.110)