Bunda PAUD Gianyar Serahkan Bantuan APE di PAUD/TK Berbasis Hindu di Batuan dan Payangan

Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra kala menyerahkan bantuan paket APE di TK Hindu Negeri Desa Batuan, Rabu (15/11). 

Gianyar (Bisnis Bali) – Sejatinya untuk anak-anak tingkat PAUD maupun taman kanak-kanak, semua bentuk pelajaran diwajibkan dalam bentuk permainan. Anak usia bawah lima tahun, tidak dibenarkan diajarkan membaca, menulis maupun berhitung. Yang benar adalah saat mereka mengikuti PAUD atau TK mereka hanya diperkenalkan dengan berbagai jenis angka maupun huruf, dan berbagai materi muatan lokal lainnya. Hal ini ditegaskan oleh Bunda PAUD Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, kala menyerahkan bantuan paket APE di TK Hindu Negeri Desa Batuan, Rabu (15/11).

Dijelaskan, proses pendidikan di PAUD dan TK Negeri berbasis Hindu  tidak ada bedanya dengan kurikulum  di PAUD dan TK Negeri lainnya. Hanya saja menurut Ny. Adnyani Mahayastra, dengan adanya PAUD berbasis Hindu ini akan memudahkan anak-anak untuk memahami kepercayaan terhadap Ida sang Hyang Widhi Wasa dan Hindu pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi kelak. Tapi tentu saja, semua yang diajarkan harus sesuai dengan kemampuan mereka dan diajarkan dengan cara yang dipahami oleh anak-anak seusia mereka.

Sasaran PAUD Hindu adalah anak 0-3 tahun untuk PAUD non formal, anak usia 4-6 tahun untuk PAUD formal atau taman kanak-kanak.
“ Penanaman budi pekerti pada anak melalui PAUD Hindu memang tidak bisa kita lihat hasilnya langsung saat ini, namun beberapa tahun kedepan akan menghasilkan anak yang suputra,” jelas Ny. Adnyani Mahayastra.

Terkait bantuan APE ini, Ny. Adnyani Mahayastra menyatakan, jenisnya berupa ekselo playground, titian keseimbangan, tiang lompatan, tiang merangkak, mainan terowongan dan mainan motorik kasar. Ny. Adnyani Mahayastra berharap bantuan APE ini dapat melengkapi alat permaian yang sudah ada sebelumnya dan dapat digunakan untuk kepentingan anak-anak PAUD.

 “ Semoga ke depan kami bisa memberikan bantuan yang lebih banyak dan beragam lagi jenis permainannya, tapi saya harap apa yang sudah ada ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” kata Ny. Adnyani Mahyastra.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Negeri Desa Batuan Sukawati, NI Made Mayuni S.Pd mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bunda PAUD Kabupaten Gianyar terhadap perkembangan PAUD di Kabupaten Gianyar.
Menurutnya, saat ini proses pendidikan di PAUD/TK berbasis Hindu sudah berjalan dengan lancar. Dengan adanya tambahan bantuan berbagai jenis APE ini, pihaknya yakin anak-anak akan lebih banyak variasi permainannya. Ke depannya ia berharap, bantuan dan perhatian Bunda PAUD tidak hanya sampai di sini saja, namun terus berkesinambungan.

Selain di TK Hindu Negeri Desa Batuan, bantuan serupa juga diserahkan di TK Hindu Negeri Desa Payangan, Kecamatan payangan Gianyar. (ad 2.102)