Tingkatkan Kualitas Pencari Kerja,  Pemkab Klungkung Gelar Pelatihan Bupati Suwirta Rancang Program Bantuan Kerja ke Kapal Pesiar

26
Bupati Suwirta tengah memberi semangat pada peserta pelatihan. (wid)

Semarapura (Bisnis Bali) – Guna meningkatkan kemampuan dan kualitas  para pencari kerja, Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kembali menggelar pendidikan dan pelatihan kerja. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri atas 15 spa therapist dan 15 FB Service, bertajuk Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan FB Service bagi Pencari Kerja.

Dibuka oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, kegiatan ini ditandai dengan penyerahan bahan dan sarana praktik kepada perwakilan peserta di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Glory jalan Ngurah Rai, Semarapura Klungkung, Senin (13/11). Dalam kesempatan ini, Bupati Suwirta mengatakan kegiatan ini adalah wujud komitmen berkelanjutan Pemkab Klungkung dalam meningkatkan kualitas SDM khususnya para pencari kerja di Kabupaten Klungkung, sehingga mampu bersaing diera Bonus Demografi nanti.

Ditambahkan, Bonus Demografi merupakan sebuah kondisi dimana jumlah tenaga kerja tidak sesuai dengan lapangan kerja yang ada, sehingga terjadi persaingan yang ketat dalam mendapatkan kesempatan kerja.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan SDM yang kompeten dan memiliki daya saing untuk bisa meraih kesempatan kerja yang diinginkan, dengan begitu akan membawa Kabupaten Klungkung kepada kesejahteraan dan pengurangan angka kemiskinan. Dan dengan ini kami harapkan peserta manfaatkan kesempatan ini sebaik baiknya,” ujarnya.

Bupati Suwirta juga mengatakan dirinya tengah merancang sebuah program pemberangkatan tenaga kerja untuk bekerja dikapal pesiar. Program ini dikhususkan kepada warga dari keluarga tidak mampu yang memiliki fisik dan kemampuan untuk bekerja di kapal pesiar. Dengan bantuan pemerintah dalam memberangkatkan diharapkan sekembali dari bekerja dikapal pesiar akan dapat membantu meningkatkan taraf hidup keluarganya.

Dipilihnya LPK Glory untuk melaksakan kegiatan ini, menurut Bupati Suwirta, karena Pemkab tengah menggandeng seluruh LPK yang ada di kabupaten Klungkung untuk melaksanakan kegiatan sejenis. Dikatalannya, sebelumnya juga telah dilakukan kegiatan serupa dengan menggandeng beberapa LPK yang ada di kabupaten Klungkung secara bergiliran. Hal ini untuk menepis anggapan Pemkab memilih dan menganaktirikan dalam menjalin kerjasama dengan para lembaga pelatihan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja I Gede Kusuma Jaya, menyampaikan program pelatihan ini akan dilaksanakan selama 17 hari mulai 13 hingga 29 November 2017. Para instruktur berasal dari para pengajar di LPK Glory yang telah profesional di industri perhotelan dan kapal pesiar. (wid)