TANAMAN keladi amazon merupakan salah satu tanaman hias yang tetap memiliki penggemar. Daun keladi amazon ini berwarna hijau tua dengan tulang daun menonjol berwarna putih yang terlihat seperti tengkorak, sehingga keladi yang satu ini kerap disebut keladi tengkorak.

Permukaan daun bagian atas keladi amazon licin, tanpa bulu,dan berwarna hijau tua kehitaman sehingga terlihat seperti terbuat dari plastik. Permukaan daun bagian bawah berwarna merah keunguan. Tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat teduh.
Tanaman hias yang satu ini memang tergolong tanaman hias yang cukup populer sekarang ini, sangat cocok diletakkan di dalam ruangan atau di teras rumah.

Sulastri, seorang penjual tanaman di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar mengatakan, permintaan keladi amazon masih cukup tinggi, meski tidak sebanyak saat menjadi tren 2015 lalu.

Tanaman ini membutuhkan air yang cukup, sehingga saat musim kemarau bila tidak dirawat dengan baik dan kebutuhan air tidak terpenuhi tanaman ini akan menjadi kering dan terlihat mati. “Saat musim kemarau kalau tidak disiram dengan baik, tanaman akan layu dan kering, tetapi sebenarnya tanaman tidak mati,” tandasnya.

Daun keladi akan layu,  sedangkan umbinya tidak akan pernah mati. Kalau umbi tersebut disiram akan mengeluarkan tunas baru. Namun akan lebih baik asupan air saat kemarau tercukupi, sehingga tanaman tidak kekeringan.

Untuk asupan nutrisi, media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dan kompos. Pada bagian bawah pot sebaiknya diberikan pecahan genteng sehingga drainase akan menjadi baik dan akar tanaman tidak tergenang air yang dapat mengakibatkan akar menjadi busuk. (pur)