Sri Rejeki Tanaman Hias dengan Harga Jual Tinggi

101

TANAMAN hias sri rejeki atau lipstik aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan harga jual tinggi. Karena penampilannya yang cantik daunnya yang hijau namun dihiasi dengan warna merah di seluruh sisinya sama seperti bibir wanita yang menggunakan lipstik. Tanaman hias yang satu ini banyak diletakkan di dalam ruangan.

Seorang petani tanaman hias di Desa Tua Marga, Kabupaten Tabanan, I Wayan Sujana menuturkan, sri rejeki cocok ditanam di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi.
Tanaman ini juga banyak ditanam di pekarangan karena  warna daun yang cantik dengan kombinasi warna yang cerah dan kontras serta cara perawatan yang mudah, membuat tanaman hias ini sangat tinggi peminatnya.
Bila ingin menanam sri rejeki yang perlu disiapkan adalah pot yang telah diisi dengan media tanam yaitu pecahan genting atau bata merah di dasar pot, baru kemudia masukkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos hingga sepertiga tinggi pot. Jika media sudah cukup lalu letakan tanaman sri rejeki pada bagian tengah-tengah pot lalu timbun dengan media tanam hingga pot terisi penuh. Namun perlu diingat jangan memadatkan media tanam dengan cara menekan-nekan media karena dapat merusak akar tanaman.
“Untuk mendapatkan warna daun sri rejeki yang indah, diperlukan perawatan yang tepat salah satunya adalah dengan pemberian pupuk. Pupuk yang digunakan untuk bunga aglaonema sri rejeki sebaiknya adalah pupuk kandang, pupuk humus, kompos, unsur hara mikro, pupuk anorganik, dan pupuk hormone,” tuturnya. Pemberian pupuk anorganik dan pupuk hormon sebaiknya diberikan setiap 1 kali dalam 3 atau 6 bulan. Untuk unsur hara mikro sebaiknya berikan sebanyak 1 kali setiap bulan. Selain itu untuk menjaga kesuburan tanaman, perlu dilakukan penggantian media tanam 1 kali dalam setahun.
Ketika akan mengganti media caranya adalah dengan memegang batang sri rejeki pada bagian pangkalnya lalu miringkan pot agar tanaman tercabut dari medianya. “Kalau sri rejeki susah dikeluarkan, pukul-pukul bagian pinggir pot secara berkeliling, hingga tanaman terpisah dari potnya. Baru bersihkan akar dan bonggol  sri rejeki dari sisa media yang menempel dengan cara merendamnya dalam air selama kurang lebih 30 menit,” paparnya. (pur)