Nelayan Indonesia Peroleh Layanan Berbasis ”Online”  

36
Aktivitas nelayan di laut

Demi menyiapkan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dalam memasuki era digital, operator selular (opsel) menyediakan berbagai layanan yang berbasis online. Salah satunya menyediakan fasilitas online kepada para nelayan. Apakah cukup efektif bagi para nelayan?

SALAH satu opsel, yakni  XL Axiata tidak sekadar membangun infrastruktur telekomunikasi dalam pemenuhan kewajiban seperti yang tercantum dalam modern licensing, namun lebih dari itu juga sebagai upaya membangun ekosistem agar kehadiran jaringan data di setiap pelosok daerah memberikan manfaat bagi daerah dan masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk secara ekonomi, pendidikan, kesehatan dan bidang sosial lainnya.

“Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Komunikasi & Informatika Republik Indonesia, kami kembali menyerahkan perangkat digital “Nelayan Pintar” kepada para nelayan Indonesia. Kali ini, giliran nelayan dari Banyuwangi, Jawa Timur, yang mendapatkan donasi ini dan bisa segera mereka gunakan untuk meningkatkan produktivitas,” ujar CaretakerVice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim.

Lanjutnya, dukungan XL Axiata terhadap program Nelayan Go Online ini juga merupakan implementasi atas komitmen membangun ekosistem jaringan data di seluruh pelosok desa.

“Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari kami,” ungkapnya. Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian NELPIN, pihaknya  telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini. Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap ikan dengan memanfaatkan NELPIN. Sebelumnya, program ini sudah terimplementasi antara lain di Makassar dan Medan.

 Aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan. Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan. Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan ter-update, juga permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi NELPIN dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh Tanah Air.

 Seiring dengan visi pemerintah untuk mengembangkan program Nelayan Go Online melalui pengenalan aplikasi NELPIN di Indonesia, pihaknya secara konsisten mendukung implementasi program ini di sejumlah daerah seperti Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. Karena itu, XL Axiata sangat berharap manfaat ini dapat diperoleh seluruh nelayan di Indonesia. “Pengembangan program ini seiring juga dengan perluasan jaringan data yang hingga saat ini masih terus kami lakukan ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan General Manager ICT OperationTelkomsel Regional Bali dan Nusa Tenggara, Danny A. Triawan.

“Program internet masuk desa yang kami hadirkan bersama Kementerian Kominfo berdampak positif bagi masyarakat pesisir, seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT),” ujarnya. (aya)