I Nyoman Arnaya Kebersamaan untuk Perkuat LPD

20

Denpasar (Bisnis Bali)- Keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang mampu menunjang perekonomian masyarakat terutama dalam aktivitas adat, agama dan budaya, sehingga harus terus dipertahankan keajegannya.

Hal ini membuat Ketua Lembaga Pemberdayaan (LP) LPD Provinsi Bali, I Nyoman Arnaya, S.E., mengupayakan berbagai hal untuk keajegan dan kemajuan LPD ke depan. Saat ditemui, di Denpasar, Minggu (12/11), dia mengatakan, dalam hal memperkuat LPD sesuai dengan Perda Nomor 3 Tahun 2017 dan Pergug Nomor 44 Tahun 2017, ada beberapa hal yang dilakukan seperti halnya memberikan dana perlindungan, menguatkan likuiditas, serta menjamin dana masyarakat.

 “Semua ini telah tertuang dalam Perda Nomor 3 Tahun 2017, sehingga berjalanannya LPD diharapkan sesuai dengan Perda,” ungkapnya. Lebih lanjut dia menjelaskan, terkait dana perlindungan, ini diperuntukan untuk membantu LPD yang tidak sehat, dengan mensuport LPD tersebut melalui modal, sehingga ada perkembangan dan peningkatan.

Hal ini telah dilakukan kepada beberapa LPD, yang membuat LPD tersebut bisa lebih maju dari sebelumnya. Selanjutnya, dana penjamin simpanan (DPS) juga sangat penting direalisasikan untuk menambah kepercayaan masyarakat terhadap LPD.

“Keberadaan DPS ini menjamin bahwa, dana nasabah di LPD aman, sehingga masyarakat tidak perlu kahwatir akan dananya yang disimpan di LPD,” katanya. Demikian juga untuk dana penyangga likuiditas yang pada Perda sebelumnya tidak diatur, dalam Perda Nomor 3 Tahun 2017 tertuang adanya aturan terkait dana penyangga likuiditas, mampu membantu LPD lainnya yang kekurangan likuiditas.

Dijelaskannya, seperti ketika terjadinya musibah Gunung Agung masuk awas, membuat LPD yang ada di zona merah mengalami kekhawatiran, namun berkat dukungan LPD se-Bali melalui dana peyangga likuiditas yang dikumpulkan mampu menjamin likuiditas LPD di Karangasem.

“Hal ini tentunya juga mampu membina hubungan baik antar LPD yang saling bahu-membahu membantu LPD lain yang mengalami musibah,” jelasnya. Dia juga mengatakan, upaya yang dilakukan berdasarkan asas persatuan dan kebersamaan LPD ini, terutama dalam membantu LPD yang sedang mengalami musibah, mampu memberi pemahaman kepada masyarakat, bahwa hal tersebut merupakan suatu bentuk penguatan LPD.

Dengan demikian, dia berharap masyarakat akan terus yakin akan keberadaan dan kekuatan LPD. (wid)