Likuiditas Terjaga, Kondisi LPD Sibetan Stabil

17
Pelayanan LPD Sibetan sebelum terjadi bencana Gunung Agung.  (ist)

Amlapura (Bisnis Bali)- Berbagai hal dilakukan LPD di Karangasem, untuk menjaga likuiditas. Mengingat adanya peringatan awas  Gunung Agung. Ditambah ada momen Hari Raya Galungan dan Kuningan kali ini. Salah satunya LPD Sibetan, dinyatakan hingga saat ini likuiditas LPD masih stabil.

Kepala LPD Sibetan, Drs. I Made Mastiawan, saat ditemui Selasa (7/11) kemarin, mengatakan, kondisi LPD Sibetan pada momen Hari Raya Galungan dan Kuningan ini aman. Meskipun awalnya dikhawatirkan akan adanya penarikan dana, akibat kebutuhan untuk perayaan Hari Raya Galungan oleh masyarakat. “Penarikan yang dilakukan masyarakat tidak terlalu banyak, mungkin hanya untuk keperluan hari raya yang tidak begitu besar kali ini,” katanya.

Dikatakannya, aktivitas LPD Sibetan sudah berjalan seperti biasanya.  Namun, diakuinya, untuk aktivitas kredit masih dibatasi, lebih diprioritaskan kepada nasabah lama dan perpanjangan untuk nasabah baru. Demikian juga nasabah dalam jumlah besar, masih dibatasi yang dikarenakan perekonomian masih belum pulih kembali. “Pembayaran nasabah khususnya kredit yang telah mengajukan hanya membayar bunga saja untuk sementara waktu, kami bijaksanai, mengingat juga kondisi ekonomi masyarakat yang masih belum stabil,” ungkapnya.

Sebagai penyangga likuiditas yang dikumpulkan LPD se-Bali, tentu akan sangat dibutuhkan kedepannya. Mengingat kebutuhan masyarakat akan bertambah nantinya, setelah pulang ke rumah masing-masing. Hal inilah yang dikatakannya, perlu diantisipasi kedepannya. (wid)